Raja Jalanan Masih Honda

Segmen Skutik Masih Dikuasai Honda – Banyaknya pilihan pada produk-produk yang tersedia di pasaran tentu mampu memperkaya informasi bagi para konsumennya. Sayangnya hal ini nampaknya tak berlaku di pasaran Indonesia, terutama dalam pasaran roda dua. Pasalnya, sekalipun merek-merek lain sering kali membuat gebrakan yang sensasional, namun nampaknya karisma Honda di mata penggunanya masih tak mampu dipisahkan dari agenda jalanan. Hal tersebut yang nampaknya menjadi dasar keberhasilan Honda saat ini.

raja jalanan masih honda

Dilansir dari Kompas (10/8/2016), Honda untuk kesekian kalinya berhasil menjadi raja jalanan di Indonesia untuk segmen skuter matik. Hal ini cenderung unik lantaran bisa dikatakan sensasi yang diterbitkan Honda dalam varian skuter matiknya tak lebih panas ketimbang Yamaha yang secara pede menerbitkan Nmax. Bahkan keberhasilan Honda seperti mengangkangi kenyataan bahwa skuter matik pertama kali tak dibawa olehnya.

Namun kenyataan tetap kenyataan. Dilansir dari data yang diterbitkan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), angka penjualan Honda pada segmen skuter matik bisa dibilang tak tertandingi. Pasalnya Honda sanggup menguasai 69,65 persen pangsa pasar dengan mampu menjual 151.585 unit hanya dalam hitungan bulan Janurari-Juli 2016 yang lalu.

Hal ini tentu mencengangkan apabila melihat prestasi merek lainnya. Jika ditengok, Yamaha dengan berbagai cara barunya malah hanya menguasai 29,83 persen pasaran. Itu artinya, dengan angka penjualan yang hanya 64.921 unit, juga tak ada setengahnya dibandingkan dengan Honda. Mengisi poin-poin diantara kedua merek terkenal tersebut, Suzuki masih ambil andil dengan 0.52 persen. Hal ini berarti dalam waktu 6 bulan terakhir Suzuki sudah mampu menjual 1124 unit.

separator

Menariknya, dari keseluruhan merek lama tersebut, TVS juga disebutkan dalam data AISI. Sayangnya, dalam jangka waktu 6 bulan, TVS hanya mampu menjual 22 unit saja untuk varian skutiknya. Alhasil, nampaknya jerih payah ketiga merek tersebut juga tak akan mampu mengalahkan Honda sekalipun sudah digabungkan semuanya.

Entah hawa mistis apa yang dihasilkan oleh Honda di Indonesia. Namun nampaknya sudah menjadi rahasia umum apabila Indonesia memiliki jalanan yang penuh dengan logo Honda. Walaupun demikian, bukan berarti merek lain tak punya daya saing. Hanya saja, fenomena ini menjadi bukti pilihan konsumen pada merek berlogo sayap ini. Baca juga Honda tidak dikenal sebagai merek motor listrik dan MotoGP versi Jalan Raya RC213V-S Akan Temani CBR250RR di GIIAS 2016.

Top