Bus Anti-macet di China, Hoax?

Transit Elevated Dicurigai Sebagai Langkah Penipuan – Baru-baru ini dikabarkan bahwa bus antimacet atau yang diberi nama Transit Elevated Bus (TEB) baru saja sukses menjalani uji coba dan kabarnya bahkan mulai beroperasi. Namun, rupanya kehadiran dari bus antimacet ini tidak berjalan mulus. Bus yang memiliki jalur akses menggunakan rel di dua sisi bahu jalan yang dirancang untuk mengatasi kemacetan ini diduga sebagai salah satu bentuk penipuan untuk menarik para investor. Benarkah?

transit elevated dicurigai sebagai langkah penipuan

Bus antimacet yang memiliki konsep mirip kereta ini memang telah diuji jalan di Qinhuangdao, yaitu sebuah kota yang terletak di timur laut China. Pengujian tersebut dilakukan setelah dua bulan sebelumnya ditunjukkan untuk pertama kalinya di Beijing International High-Tech Expo.

Namun, dari hasil tes yang dimotori oleh Jinchuang Corp (perusahaan yang bertanggung jawab terhadap fase produksi TEB) tersebut rupanya cukup  meninggalkan banyak pertanyaan yang janggal dan tak terjawab.

Pertama, tes yang dilakukan tidak dalam kondisi macet secara real. TEB ini hanya berjalan sejauh 300 meter tanpa adanya gambaran kondisi lalu lintas. Terlebih lagi, dari pihak berwenang di kota Qinhuangdao juga tidak menyadari apa yang telah dilakukan oleh perusahaan.

Bukan itu saja, banyak juga pertanyaan terkait pengoperasian TEB, kebanyakan karena tinggi maksimal kendaraan yang bisa lewat di bawahnya. Pada tahap awal, bagian bawah bus hanya bisa dilewati mobil dengan ketinggian maksimal 2,1 meter. Sementara itu, batas ketinggian mobil-mobil di China mencapai 4,2 meter. Nah, tentu informasi tersebut menjadi hal yang sangat janggal dan tidak masuk akal.

Lalu hal itu diperburuk dengan hadirnya laporan media yang menyebut TEB adalah proyek bodong untuk menipu konsumen. Pemerintah China mengambil tindakan tegas terhadap jenis pendanaan seperti ini. Jika melihat gembar-gebornya sejak awal, pastinya proyek ini akan mengundang perhatian  banyak investor. Namun, rupanya terlalu banyak hal yang mencurigakan.

Menanggapi hal ini, Song Youzhou, selaku desainer TEB, langsung menolak dengan tegas tuduhan itu. Dia mengatakan bahwa tidak ada yang perlu diucapkan (kata maaf) karena mereka merasa sudah melakukan hal yang benar. Informasi tersebut dirangkum dari KompasOtomotif, Rabu (10/08/2016). Baca juga Atasi Terjebak Kemacetan Lalu Lintas, China Kembangkan Bus Anti Macet dan China Mulai Operasikan Bus Antimacet

Top