Supra GTR Sukses Kalahkan MX King

Sangar, Honda Kembali Unggul Via Supra GTR – Persaingan di dunia otomotif tanah air memang bisa dibilang gila-gilaan. Pasalnya, perputaran roda keunggulan di pasar ini nampaknya tak pernah abadi. Jika sebelumnya Yamaha disebut-sebut unggul melalui varian gagahnya, MX King, kali ini, Honda diberitakan kembali menyabet gelar raja jalanan darinya.

supra gtr sukses kalahkan mx king

Tentu, sabetan ini tak lain hadir dari varian Honda Supra GTR150. Kehadiran motor setengah bebek ini nyatanya malah menjadi pelaku pesakitan bagi MX KIng di pasaran tanah air. Padahal, sebelumnya beberapa pihak menilai bahwa masa depan MX King akan senantiasa cerah. Namun ternyata nasib berkata lain untuk varian raja dari Yamaha ini.

Advertisement

Setelah kiprahnya yang menjuarai pasaran skutik juga menyakiti Yamaha atas NMax-nya, kali ini dilansir dari Kompas (11/8/2016), Supra GTR 150 juga ikut-ikutan tak berdosa melangkahi merek yang satu ini. Bahkan, kekalahan tersebut cenderung menyakitkan lantaran hanya butuh waktu 1 bulan saja gelar puncak yang dimiliki MX King rontok takluk di bawha Supra GTR 150.

Motor yang baru dilahirkan pada tanggal 24 Mei 2016 tersebut sudah tercatat terjual sampai 3.993 unit sampai akhir bulan Mei 2016. Artinya, hanya dalam waktu 7 hari penjualan yang berjumlah ribuan unit tersebut sudah menunjukkan animo masyarakat yang galak atas seluruh varian Honda. Hebatnya, pada bulan berikutnya Juni 2016, pencapaian Honda atas Supra GTR 150 lebih mengerikan lagi dengan melonjak hingga menyentuh angka 9.326 unit,. Padahal di sisi lain, MX King dari Yamaha yang sudah hadir lebih dulu malah hanya mampu menjual 6.276 unit.

Keseluruhan total penjualan dalam waktu tiga bulan tersebut (Mei-Juli 2016) mengakibatkan Supra GTR punya pencapaian paling besar di segmen bebek sport. Posisinya, Supra GTR 150 memiliki dengan kontribusi 38,85 persen, dari keseluruhan pasar yang ada. Artinya, Honda telah berhasil menjual bebek setengah sport itu sebanyak 19.095 unit.

Walaupun dibilang kalah, namun MX King masih setia dibelakang Honda dengan membuntuti pada angka penjualan 15.317 unit. Praktis market share sebesar 31,16 persen masuk dalam kantong Yamaha untuk varian bebek setengah sport. Selanjutnya mengisi kekosongan kedua merek besar tersebut, ternyata juga diambil alih oleh Honda melalui Sonic yang berhasil terserap pasar 8.300 unit. Sementara unit legendaris dari Suzuki, Satria Injeksi, terpaksa harus harus puas dengan penjualan 6.438 unit. Baca juga Lumayan, 100 Unit Supra GTR150 Hilang Dari Gudang  dan Honda Supra GTR150 Jalani Pengetesan Pengguna.

Top