Audi Kembangkan Tenaga Mobil Listrik dari Kinerja Suspensi

Erot, Teknologi Mobil Listrik Buatan Audi yang Manfaatkan Kinerja Suspensi – Jika melihat perkembangan di dunia otomotif saat ini memang sudah sangat maju. Selain banyaknya mobil-mobil bertenaga hybrid, mobil dengan tenaga listrik murni juga sudah semakin banyak dikembangkan oleh pabrikan. Meski dari beberapa produsen telah banyak yang mewujudkannya dalam produksi, namun teknologi mobil listrik masih terus dilakukan. Tentu saja, hal ini merupakan salah satu strategi dalam persaingan, dimana produsen akan bersaing mendatangkan inovasi baru yang lebih menguntungkan. Dalam hal ini, salah satunya adalah pengembangan pada perangkat baterai sebagai penyimpan tenaga listrik yang lebih efisien.

erot teknologi mobil listrik buatan audi yang manfaatkan kinerja suspensi

Untuk urusan baterai, juga telah banyak produsen yang mengembangkan baterai berukuran kecil dan ringan sehingga bisa menekan bobot mobil untuk tidak terlalu berat. Masih berkaitan dengan inovasi baru pengembangan mobil listrik khususnya untuk urusan sumber daya, kini informasi yang masih sangat fresh mengatakan bahwa Audi telahmengungkapkan tamuan teknologi baru menggunakan suspensi untuk bisa menghasilkan listrik.

Audi baru saja mengembangkan teknologi bernama Erot, di mana teknologi ini akan memanfaatkan tenaga elektromagnetik pada perangkat suspensi hidrolik. Nantinya, konsep kerja dari teknologi ini adalah pada saat suspensi bergerak ke atas dan ke bawah, maka gerakan tersebut akan diubah menjadi gerakan yang dapat memutar perangkat yang dibuat khusus untuk menghasilkan tenaga listrik.

Jika dibayangkan, kemungkinan semakin lama suspensi bekerja maka tenaga listrik yang dihasilkan akan semakin banyak.

Berdasarkan informasi Motorauthority dilansir dari Okezone, Kamis (11/08/2016) Chief R&D Audi, Stefan Knirsch mengatakan, “Setiap lubang, setiap benjolan, setiap kontur jalan yang tidak rata, bisa saja menghasilkan energi kinetik dalam mobil,” Ujarnya.

Berdasarkan hasil perhitungannya, para insinyur dari Audi sendiri juga meyakini bahwa setiap jalan bergelombang akan bisa menghasilkan setidaknya tenaga listrik sebesar 613 watt. Tenaga yang dihasilkan dari sistem kerja suspensi tersebut, akan disimpan dalam baterai untuk memberi suplai kinerja motor listrik pada mobil.

Itu artinya, semakin banyak jalan bergelombang yang dilewati mobil, maka simpanan suplai daya pada baterai akan semakin banyak. Hal ini, tentu saja bisa digunakan sebagai langkah yang bisa diambil saat berada jauh dari tempat sumber pengisian baterai, yaitu dnegan melewati jalan bergelombang untuk mendapatkan tambahan daya baterai. Baca juga Nissan Ciptakan Mobil Berbahan Bakar Unik dan Diberitakan Menggunakan Nuklir, Audi Masih Bungkam

Top