Disayangkan! Perancangan XM Concept, Minim Kontribusi Tenaga Lokal

World Premiere di Indonesia, Namun Desainer XM Concept Bukan Indonesia – Kabar kehadiran low MPV mitsubishi, XM Concept memang telah santer hingga sekarang. Apalagi mobil ini akan dilahirkan pertama kali dalam versi produksi di Tanah Air tentu saja sambutan masyarakat sangat antusias dalam menunggunya.Hari ini, kendaraan tersebut akhirnya resmi hadir di GIIAS 2016.

world premiere di indonesia namun desainer xm concept bukan indonesia

Melihat konsepnya, jelas sekali bahwa XM Concept kendaraan terbaru besutan Mitsubishi ini masuk dalam segmen yang paling digemari konsumen Indonesia yaitu low MPV, sengaja dirancang spesial untuk Indonesia. Namun, satu hal yang sangat disayangkan adalah, para kreatif desain lokal hanya terlibat dalam prosentasi sangat minim dalam proses pengembangannya.

Advertisement

Menanggapi hal ini, seperti yang dikutip dari KompasOtomotif, Kamis (11/08/2016) Tsunehiro Kunimoto selaku Corporate General Manager of Design Office Mitsubishi Motors Corporation mengatakan, “Saat ini sayang sekali kami belum melibatkan desainer Indonesia tapi kali tahu banyak sekali sekolah desain di Indonesia. Mitsubishi berencana untuk menghubungi mereka pada pengembangan produksi lebih lanjut,” Ujarnya.

Itu artinya, kemungkinan para desainer Tanah Air akan kebagian ikut andil dalam proyek pengembangan dari mobil-mobil lain yang nantinya akan diproduksi si pabrikan baru Mitsubishi di Karawang ataupun mungkin saja ke depannya untuk versi pembaruan dari XM Concept ini. Masih belum ada yang tahu. Yang jelas, saat ini adalah produk terbaru low MPV Mitsubishi, XM Concept ini akan melakukan produksinya yang pertama di Tanah Air.

Sebagai informasi Mitsubishi sendiri menjelaskan bahwa selama beberapa tahun ke belakang, telah melakukan berbagai riset seputar kebutuhan masyarakat tentang kendaraan multiguna. Hasilnya kemudian dikirim ke pusat riset dan mengembangkannya di Jepang. Selain Jepang, desain dari Low MPV XM Concept ini juga dikembangkan oleh desainer Mitsubishi di pabrikan Jerman.

Dalam persoalan pengembangan desain memang kedua negara tersebut yang berperan penuh. Sementara untuk Indonesia, hanya sebagai media untuk pengetesan sebelum melakukan proses produksi. Hal ini seperti pada saat Produk Executive MMC, Ryo Ashikawa yang datang dari perusahaan lokal yang ditunjuk untuk melakukan pengetesan dalam negeri, kemudian data hasil tes tersebut dibawa kembali ke Jepang. Begitulah prosesnya! Baca juga Mitsubishi Siapkan Debut XM Concept di GIIAS 2016 dan Foto XM Concept ditunjukan Mitsubishi

Top