Suzuki Diisukan Siap Hengkang

Penjualan Merosot, Suzuki Diisukan Hengkang – Persaingan snegit di dunia otomotif roda dua tanah air nampaknya tak akan berhenti dalam waktu dekat. Pasalnya, jika melihat posisi puncak Suzuki beberapa waktu yang lalu, tak akan ada yang mengira dapat terjerembab sejauh ini. Hal ini yang menjadi bukti kuat bahwa tak ada satupun pemain industri otomotif yang dapat santai di Indonesia.

suzuki diisukan siap hengkang

Setelah data penjualan Suzuki tahun ini dilaporkan anjlok nyaris 50 persen dari tahun lalu, banyak spekulan yang berpendapat bahwa Suzuki pada segmen motor sudah tak serius lagi menggarap pasar Indonesia. Artinya, spekulan berpendapat bahwa dalam waktu yang akan datang Suzuki akan hengkang dari pergulatan sengit otomotif Indonesia.

Namun nampaknya, spekulasi tersebut hanya isapan jempol belaka. Dilansir dari Kompas (12/8/2016), Komisaris Utama SIS, Subronto Laras, menyatakan bahwa Suzuki tak akan hengkang dari Indonesia. Walaupun pihaknya mengakui adanya kekalahan telah atas angka penjualan Suzuki tahun ini, namun bagi perusahaan otomotif asal Jepang ini, pasar roda dua di Indonesia masih memiliki banyak faktor yang membuat Suzuki tetap betah.

Sekaligus membocorkan rencana Suzuki ke depan, Subronto menyampaikan bahwa belum lama ini perusahaannya melakukan investasi besar-besaran denagn mendirikan pabrik baru. Hal ini dilakukan untuk menyupport permintaan varian Suzuki pada pasar ASEAN yang jangkauannya lebih luas ketimbang pasaran di Indonesia.

separator

Menariknya, Subronto terang-terangan menyatakan bahwa fokus Suzuki di Indonesia lebih ke arah segmen roda empat ketimbang roda dua. Walaupun demikian, divisi roda dua Suzuki Indonesia tetap senantiasa membuat strategi-strategi baru yang lebih canggih untuk mengalahkan pesaing-pesaing beratnya dari berbagai merek lain.

Menurutnya lagi, untuk dapat memenangkan pasar roda dua di Indonesia ke depan, segmen skutik akan menjadi hal yang memiliki potensi besar. Selama ini Suzuki hanya berfokus pada Satria yang memang sudah melegenda. Namun dengan situasi yang ada, tak akan salah jika ke depan Suzuki akan menyasar segmen skutik dengan lebih serius. Pernyataan Subronto tersebut tentunya sekaligus merupakan pernyataan perang terhadap Honda yang saat ini secara nyata menyandang gelar raja skutik dari angka penjualannya. Baca juga Menarik perhatian sepeda motor Suzuki di MotoGP  dan Motor Scrambler Suzuki 200 cc cukup murah.

  • Illank mentenk

    iya jangan kalah ma dari yamaha apalagi honda tukang jiplak… asli si honda murni cari untung bukan kepuasan konsumennya.

Top