Harga Suzuki SX4 S-Cross, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Suzuki SX4 S-Cross dan Spesifikasi – Seperti dengan apa yang pernah dijanjikan oleh PT Suzuki Indomobil Sales untuk memproduksi sebuah mobil hatchback compact, belum lama ini pabrikan otomotif asal Jepang tersebut akan segera memperkenalkan sebuah mobil terbaru besutan mereka, yaitu Suzuki SX4 S-Cross. Mobil tersebut dihadirkan sebagai generasi penerus dari X-Over (SX4 generasi pertama) di mana generasi tersebut saat ini sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia. Mobil yang diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada 11 Agustus lalu itu memang diproduksi sebagai hasil pengembangan tipe hatchback compact yang mengedepankan fleksibilitas lebih baik di berbagai medan. Selain itu, dengan hadirnya Suzuki SX4 S-Cross di kancah pasar otomotif di Indonesia, tentunya atmosfer persaingan di antara pabrikan mobil akan semakin ketat. Pasalnya, meskipun pamornya tak sebagus produk Honda atau Toyota namun dengan mempertimbangkan desainnya yang elegan, spesifikasi mumpuni serta teknologi-teknologi canggih yang melekat pada mobil tersebut tampaknya Suzuki SX4 S-Cross ini tak bisa dipandang sebelah mata.

suzuki sx4 s cross

Suzuki SX4 S Cross

Hal tersebut juga tak lepas dari konsep yang diterapkan pada mobil Crossover ini di mana pada siluet eksterior dari Suzuki SX4 S-Cross ini tampak lebih besar dengan guratan tegas yang mampu menggambarkan kesan kegagahan dan kejantanan dari mobil besutan Suzuki ini. Selain itu, konsep interior yang didesain dan diusung pada ruang kabinnya yang cukup luas sehingga mampu menampung hingga 5 orang penumpang sekaligus. Bahkan, Suzuki SX4 S-Cross ini juga menyediakan bagasi yang cukup luas untuk menampung barang bawaan. Hal tersebut memang dikarenakan bentuk dimensi dari mobil ini dirancang lebih luas dari generasi sebelumnya. Di sisi lain, tak ketinggalan juga pada sektor mesin pacunya yang bakal dibekali dengan jenis mesin M15A, DOHC, VVT yang berkapasitas 1.491 cc di mana tenaga mesin tersebut akan disalurkan melewati 2 tipe transmisi, manual maupun automatic. Sehingga, mesin Suzuki SX4 S-Cross  ini mampu menghasilkan tenaga yang lebih optimal. Belum lagi dengan beragam fitur-fitur berteknologi canggih, seperti fitur keselamatan, keamanan dan kenyamanan, serta fitur hiburan lain seperti cruise control, audio dengan monitor 7 inci, lampu HID, juga paddle-shift di setir. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, untuk mengetahui secara lebih detailnya, kali ini Mas Sena akan membahas mengenai spesifikasi dan harga Suzuki SX4 S-Cross secara lebih detail dan terperinci. Yuk kita simak bersama.

mobil suzuki sx4 s cross

Review Suzuki SX4 S-Cross

Eksterior

Sektor Eksterior Usung Konsep Desain Aerodinamika

Jika kita melihat spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross pada sektor eksterior atau bagian terluarnya, memang tampak memperlihatkan kesan yang lebih segar dari generasi pendahulunya. New SX4 S-Cross tampil dengan konsep desain yang mengedepankan aerodinamika, kualitas dan emosi. Mulai pada bagian depan Suzuki SX4 S-Cross ini, adanya HID Projector Headlamp with LED + Leveling Feature & Auto Headlight On yang memang dirancang dengan konsep stylish yang pencahayaannya bisa diatur sesuai kebutuhan dengan fokus cahaya yang lebih presisi dan area distribusi penyinaran yang luas. Bodi samping Suzuki SX4 S-Cross ini dirancang lebih simpel dengan lekukan garis yang terkesan lebih lembut. Selain itu, mobil ini juga tampil dengan Chrome Front Grill yang dilengkapi dengan Front, Side and Rear Skid Plate with Silver Accent dan Stainless Roof Rails yang sporty dan aerodinamis serta Sporty Gun Grey Metallic Alloy Wheel & Tire 205/60 R16 membuat Suzuki SX4 S-Cross memiliki daya tarik emosional yang sempurna. Suzuki SX4 S-Cross juga dilengkapi dengan Auto Rain Sensor yang berfungsi otomatis ketika hujan dan Rear Combination Lamp yang berkualitas. Jika dilihat secara keseluruhan, spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross ini memang dirancang dengan desain aerodinamika yang tampak lebih simple namun tetap terlihat elegan.

spesifikasi suzuki sx4 s cross

Interior

Ruang Kabin Lebih Luas Dengan Penataan yang Mewah

Setelah kita meraba spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross pada bagian terluar atau eksteriornya, kini saatnya Mas Sena akan mengulas untuk mengetahui lebih detail sektor interior yang dibawa Suzuki SX4 S-Cross. Sektor interior dari spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross ini mengusung ruang kabin yang lebih luas dibandingkan dari SX4 X-Over yang merupakan generasi pendahulunya. Selain itu, interior dari SX4 S-Cross terbaru ini juga dilengkapi dengan Head Unit 7 Inch Touch Screen with Smartphone & Bluetooth Connection with Dual USB Port and HDMI Cable Port, mirroring to smartphone with black piano color instrument yang akan menghibur para penumpangnya. Di sisi lain, Suzuki SX4 S-Cross ini juga memiliki sistem Steering Whell with Audio Switch Control, Cruise Control (MT & AT) dan Paddle Shift (AT Only) yang memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. Tak hanya itu saja, black Material Cover Seat with 3D Pattern (High Grade Fabric) dan perpaduan warna interior black and silver color pun juga semakin memperkuat kesan mewah dan elegan pada ruang kabin dari spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross.

spesifikasi mobil suzuki sx4 s cross

Dimensi

Dimensi Lebih Luas Disokong Suspensi Kokoh

separator

Mengusung gaya elegan dan mewah pada sektor eksterior maupun interiornya, lalu kira-kira bagaimana ya dengan dimensi yang akan dibawa spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross ini? Sebelumnya, Mas Sena sudah singgung bahwa interior dari Suzuki SX4 S-Cross ini memang memiliki ruang kabin luas sehingga sudah dipastikan bahwa dimensinya akan memiliki ukuran yang lebih lega. Perlu diketahui bahwa Suzuki SX4 S-Cross ini mengusung sistem rangka kemudi Rack and Pinion. Selain itu, Suzuki SX4 S-Cross juga memiliki ukuran dimensi lebih luas dengan ukuran panjang 4.300 mm, lebar 1.765 mm, dan tingginya 1.590 mm dengan berat kosong 1.145 untuk varian transmisi manual dan 1.165 untuk varian transmisi otomatis. Sementara itu, untuk berat kotornya mencapai 1.670 pada varian manual maupun otomatis. Selain itu, jarak sumbu rodanya pun juga terhitung sudah sesuai dengan ukuran dimensinya, yaitu 2.600 mm. Jika melihat secara fisik atau ukuran dimensinya, tampaknya Suzuki SX4 S-Cross ini memang terbilang cukup cocok jika dikendarai dan sesuai dengan karakteristik jalanan di Indonesia. Begitu juga dengan ground clearance yang memiliki ukuran cukup tinggi, yaitu 180 mm yang akan menjadikan mobil besutan Suzuki ini asyik untuk diajak bermanuver di berbagai kontur jalan. Tak sampai di situ saja, untuk memberikan kenyamanan kepada pengemudi maupun penumpangnya, Suzuki SX4 S-Cross ini akan dibekali dengan suspensi yang berkualitas, yaitu suspensi MacPherson strut with coil spring pada bagian depannya. Sementara itu, untuk suspensi belakangnya akan mengandalkan tipe suspensi Torsion beam with coil spring. Yang terakhir, pada sektor kaki penggeraknya, spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross di bagian rodanya akan disematkan velg yang berukuran 16 inci dengan mengusung desain terbaru dan terbalut ban berukuran 205/60R.

review suzuki sx4 s cross

Mesin

Performa Gahar Andalkan Mesin Tipe M15A DOHC Berkapasitas 1.491 cc

Menyoal pada sektor dapur pacu yang diusung dari spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross, tampaknya memang akan mengusung mesin yang dinilai cukup gahar untuk sekelas mobil crossover besutan Suzuki ini. Suzuki mempercayakan mesin tipe DOHC dengan 4 silinder 16 katup yang berkapasitas hingga 1.491 cc. Mesin Suzuki SX4 S-Cross tersebut merupakan mesin berteknologi M15A yang diklaim akan mampu menghasilkan semburan tenaga 109 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai batas torsi maksimum hingga 138 Nm setiap putaran 4.400 rpm. Kekuatan mesin tersebut kemudian akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 6 percepatan. Di sisi lain, Suzuki SX4 S-Cross juga memiliki kapasitas tangki bensin hingga 48 liter. Sehingga, dengan kapasitas tangki yang lebih besar tersebut tentunya akan menjadikan mobil besutan Suzuki ini memiliki bekal bahan bakar yang lebih banyak. Selain itu, spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross ini juga mengusung sistem pembakaran Multipoint Injection yang akan membuat mobil ini lebih irit bahan bakar dengan perbandingan kompresinya 10,3.

Fitur

Dibekali Beragam Fitur Terbaru Membuat Perjalanan Lebih Nyaman

Nah, akhirnya sampailah kita pada sesi terakhir dari pembahasan mengenai spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross di mana pada sesi ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk membahas tentang fitur-fitur yang melekat pada Suzuki SX4 S-Cross ini. Sebagai generasi terbaru dari SX4 X-Over, tentunya mobil terbaru besutan Suzuki ini akan mengusung beragam fitur tambahan terbaru untuk memberikan pengalaman baru kepada para pengendara maupun penumpangnya. Pertama, untuk menunjang keselamatan maka Suzuki SX4 S-Cross ini dilengkapi dengan Dual SRS Airbag yang akan melindungi dan mengurangi resiko cedera pada pengemudi dan penumpang depan saat terjadi benturan frontal. Selanjutnya, terdapat Side Impact Beam sebagai standar dari fitur keselamatan pada mobil ini, sehingga saat terjadi kecelakaan penumpang tetap dapat keluar karena pintu tidak terjepit. Selain itu, Suzuki SX4 S-Cross ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Antilock Breaking System (ABS) dan juga Electronic Breaking Distribution (EBD) untuk pengereman yang lebih baik. Tak ketinggalan fitur keamanan pada mobil ini seperti Sistem Keyless Entry dan push start button serta Sistem Immobilizer (mobil tidak dapat dinyalakan tanpa kunci asli). Tampaknya, jika dilihat secara keseluruhan dapat diketahui jika spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross ini memang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur keselamatan dan keamanan yang memadai.

Video Suzuki SX4 S-Cross

Berikut ini adalah official video Suzuki SX4 S-Cross yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Suzuki ini:

Spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross

Dimensi
p x l x t 4300 x 1765 x 1590mm
Jarak Ke Tanah 180 mm
Jarak Poros Roda 2600 mm
Turning Radius Min 5.2 m
Ukuran Roda 205/60R 16
Suspensi Depan MacPher son strut with coil spring
Suspensi Belakang Torsion beam with coil spring
Berat Kotor 1.670 (MT) 1.670(AT)
Mesin
Tipe M15A, DOHC, VVT
Bore x Stroke 78.0 mm x 78.0 mm
Katup/Silinder 16/4
Tenaga Maksimal 109 PS/6000 rpm
Torsi Maksimal 138 Nm/4.400rpm
Transmisi 6AT/5MT
Volume Mesin 1,491 cc
Tangki Bahan Bakar 48 liter
Eksterior
Headlamp HID Projector Headlamp with LED + Leveling Feature & Auto Headlight On
Velg Sporty Gun Grey Metallic Alloy
Interior
Kapasitas Kursi 5
Switch Switch On Steering Based Control
Entertainment 7 inci LCD Multiplayer
Keamanan dan Keselamatan
Sistem Rem F/R Ventilated Disc/Disc, ABS, EBD
Airbag Dual SRS
Kunci Keyless, Immobilizer
Sensor Parking, Rain

Harga Suzuki SX4 S-Cross

Akhirnya, kita telah sampai pada ulasan terakhir dari pembahasan kali ini, yaitu pembahasan mengenai harga Suzuki SX4 S-Cross. Namun, sebelum jauh lebih dalam membahas harga, Mas Sena ingin memberikan sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross ini. Pertama, Suzuki SX4 S-Cross memiliki desain istimewa yang mengusung konsep aerodinamika di mana dengan konsep tersebut, Suzuki SX4 S-Cross tampil lebih memukau. Tentu, pukauan tersebut juga akan emmengaruhi harga Suzuki SX4 S-Cross ini. Lalu, pada sektor dapur pacunya pun juga dipersenjatai mesin tipe DOHC 4 silinder 16 katup yang memiliki kapasitas 1.491 cc sehingga sudah dipastikan akan memberikan semburan tenaga yang lebih optimal. Bahkan tak ketinggalan juga, Suzuki SX4 S-Cross ini disematkan pula beragam fitur-fitur berteknologi canggih yang akan menunjang keselamatan, keamanan serta kenyamanan bagi si pengemudi maupun penumpangnya. Lantas, dengan spesifikasi tersebut, berapa ya harga Suzuki SX4 S-Cross ini?

harga suzuki sx4 s cross

harga suzuki sx4 s cross terbaru

Menyoal pada segmen harga Suzuki SX4 S-Cross ini, mobil generasi terbaru dari SX4 besutan Suzuki ini sudah diumumkan secara resmi bersamaan dengan dirilisnya mobil ini pada pagelaran GIIAS 2016 oleh PT Suzuki Indomobil Sales. Dalam perilisannya tersebut, harga Suzuki SX4 S-Cross dibanderol dengan Rp 246,9 juta untuk varian manual. Sementara itu, bagi yang sudah malas untuk menginjak kopling, mobil ini juga sudah menyediakan varian transmisi otomatis. Harga Suzuki SX4 S-Cross otomatis tentu lebih mahal dengan banderol Rp 259,9 juta. Perbedaan harga tersebut sudah jelas dikarenakan Suzuki menawarkan 2 varian yang berbeda, yaitu sistem transmisi manual dan otomatis. Jika dilihat harga Suzuki SX4 S-Cross tersebut, nampaknya transmisi otomatis masih memegang kendali atas harga teknologi transmisi di pasaran.

Harga Suzuki SX4 S-Cross

Tipe Harga
Suzuki SX4 S-Cross M/T Rp. 246.900.000,-
Suzuki SX4 S-Cross A/T Rp. 259.900.000,-
Daftar Harga Mobil Suzuki

Catatan : 

  • Harga mobil Suzuki SX4 S-Cross diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Suzuki SX4 S-Cross

Sekali lagi, perlu ditegaskan kembali bahwa harga Suzuki SX4 S-Cross tersebut merupakan harga resmi yang diumumkan oleh pihak perusahaan terkait, yaitu PT Suzuki Indomobil Sales dan harga tersebut merupakan harga On The Road untuk wilayah Jakarta saja. Sehingga, nantinya sangat dimungkinkan harganya akan sedikit naik untuk daerah di luar Jakarta. Terlepas dari hal tersebut, jika kita mempertimbangkan harga Suzuki SX4 S-Cross ini dengan spesifikasi yang diusungnya, tampaknya banderol yang ditentukan oleh pihak perusahaan tersebut sudah dinilai cocok dan sesuai serta tergolong cukup kompetitif di kelasnya. Namun, meskipun spesifikasi dan harga Suzuki SX4 S-Cross ini sudah sangat menggiurkan, Suzuki juga tetap harus mewaspadai gerak gerik Honda dan Toyota yang selama ini selalu meluncurkan mobil terbarunya dengan spesifikasi mumpuni dan dengan harga yang kompetitif. Apalagi, Daihatsu dengan Teriosnya masih selalu menjadi bayang-bayang pasti di pasaran. Tentunya, dengan mengetahui hal tersebut, bagi Suzuki bukan pekerjaan yang mudah untuk bersaing di pasar otomotif. Demikian ulasan yang Mas Sena sampaikan mengenai spesifikasi dan harga Suzuki SX4 S-Cross. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Baca juga Honda HR-V dan Daihatsu Terios.

  • acep mulyadi

    saya sudah pakai, suspensi lembut, legaaa, nyaman, dan fiturnya banyak, irit lagi, ongkos service juga murah… pokoknya nggak nyesel deh pake s cross

Top