Harga Datsun Cross, Review, Spesifikasi & Gambar September 2019

Harga Datsun Cross dan Spesifikasi – Datsun pada awal tahun 2018, merilis sebuah mobil bernama Datsun Cross yang merupakan mobil berjenis crossover. Mobil ini sebenarnya sudah cukup lama menjadi sebuah rumor yang berkembang di dunia otomotif Indonesia. Meskipun merupakan bentuk pengembangan dari generasi pendahulunya tetapi Datsun Cross ini tetap bisa memposisikan pada jajaran atau segmen yang berbeda dari varian sebelumnya. Di mana, jika pada dua varian sebelumnya Datsun memang menyasar segmen mobil murah sebagai pasarnya, mobil terbarunya ini akan sedikit berbeda dengan segmen yang lebih tinggi. Selain itu, perlu diketahui bahwa sebelumnya prototipe dari Datsun Cross ini sebenarnya sudah diperkenalkan pada 29 Oktober 2015 silam di Nissan Global Headquarters, Jepang. Namun, di Indonesia sendiri, konsepnya baru diperkenalkan pada ajang GIIAS 2016 yang mulai diselenggarakan pada 11 Agustus 2016 yang lalu. Namun, untuk peluncuran resmi dari mobil crossover ini sendiri secara resmi baru dilakukan pada 2018 ini. Dengan hadir dalam tipe crossover, tentunya Datsun Cross ini mengusung spesifikasi yang terbilang cukup mumpuni dengan konsep desain yang tetap mengedepankan kesan futuristis dan stylish.

Datsun Cross

Terkait spesifikasi tersebut, Datsun Cross ini memang memiliki desain yang cukup menarik di mana pada segi desain tampilan luarnya memang tampak memperlihatkan gaya rancang yang sporty dan gagah dengan tujuh pilihan warna yang ciamik. Tak hanya itu saja, desain yang sporty dan gagah dari Datsun Cross tersebut pun juga didukung dengan tenaga pacu yang handal dan gahar. Pasalnya, mobil garapan pabrikan asal Jepang tersebut bakal hadir dengan menggendong mesin yang berkapasitas 1.200 cc 3 silinder dengan tipe HR12DE 12 katup dengan teknologi injeksi dari Datsun MPFI yang siap memberikan semburan tenaga mesin yang lebih optimal dan maksimal. Tak sampai di situ saja, Datsun Cross ini pun juga bakal hadir dengan menawarkan berbagai macam fitur-fitur pendukung yang menarik sehingga kenyamanan dan keamanan dari si pengemudi maupun penumpangnya akan lebih terjamin. Untuk lebih lengkapnya, kali ini Mas Sena akan mengulas spesifikasi dan harga Datsun Cross secara lebih detail. Yuk, kita ulas bersama.

Mobil Datsun Cross

Review Datsun Cross

Eksterior

Crossover dengan Tampilan Futuristik dan Stylish

Seperti yang sudah Mas Sena bahas di atas, spesifikasi Datsun Cross ini bakal hadir dengan mengusung konsep desain yang lebih modern dan sangat stylish. Hal tersebut dapat dilihat dari desain bahu meliuk ke atas dengan ‘jentikan’ tegas yang melengkung ke arah tailgate sehingga mengingatkan kepada MPV pendahulunya, tetapi dengan desain yang lebih dinamis dan terdefinisi. Tak dapat dipungkiri bahwa dalam banyak hal, Datsun Cross ini adalah proyek dengan posisi, kepribadian, dan gaya tersendiri yang mencerminkan bahasa desain Datsun di masa depan. Lalu menginjak pada bagian grille Datsun Cross ini, desain D-Cut Datsun yang familiar kini berukuran lebih besar, lebih menantang, dan lebih ekspresif. Selain itu, posisinya pun diletakkan lebih ke atas untuk menonjolkan tepian bonnet (hidung mobil) yang lebih tinggi berlapis ‘black-chrome’ (‘krom-hitam’) dramatis yang didesain untuk menegaskan kemampuan mobil yang lebih tangguh. Fitur unik lainnya dalam Datsun Cross ini adalah LED headlights dan LED tail-lights yang berkesan modern pada bagian depan dan belakang mobil. Bahkan, dengan ditawarkan dalam 7 varian warna yakni amber, silver, black, white, choper, ruby dan gray membuatnya tampil lebih menawan. Sehingga, dengan kita melihat pada sektor tersebut, Mas Sena bisa sedikit menyimpulkan bahwa spesifikasi Datsun Cross ini memang memiliki konsep yang futuristik dan penuh dengan gaya era modern.

Spesifikasi Datsun Cross

Interior

Interior Dikonsep Lebih Mewah dan Nyaman

Pada pembahasan selanjutnya ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk beralih mengulas sektor interior dari spesifikasi Datsun Cross. Memasuki ruang kabin, kesan elegan mulai tampak pada setiap sisi ruang kabin yang didesain lebih modern dan luas. Ruang kabin yang luas tersebut merupakan suatu kewajaran mengingat mobil ini memang memiliki bentuk bodi yang cukup besar dan mampu menampung hingga 5 penumpang sekaligus. Lalu, pada bagian dashboard mobil Datsun ini, ternyata sudah dilengkapi dengan teknologi Mobile Docking Station yang akan membuat smartphone milik pengguna tetap dalam control di dashboard sehingga akan mempermudah akses ke fitur musik, aplikasi navigasi, dan panggilan hands-free. Mobile Docking Station pada Datsun Cross ini memang dirancang untuk setiap smartphone yang sistemnya sudah terhubungkan dengan speakers dan pengaturan volume yang terintegrasi dengan tombol di dashboardnya. Tak hanya itu saja, pada bagian dashboardnya juga sudah disediakan input auxiliary dan jack 3.5 mm yang akan menghubungkan ponsel ke Mobile Docking Station. Bahkan, slot USB pun juga tak luput disediakan oleh Datsun Cross ini sebagai sumber daya untuk mengisi baterai pada smartphone. Di sisi lain, speedometernya pun juga didesain dengan konsep yang elegan di mana sudah dilengkapi penunjuk digital tachometer dan penunjuk gigi atau transmisi, kecepatan dan informasi bahan bakar dengan gaya digital display sehingga control pengemudi terhadap mobilnya lebih optimal. Menginjak pada joknya, mobil Datsun ini mengusung desain jok Low-Fatigue yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan kepada pengemudinya ketika mengemudikan mobil ini. Bahkan, untuk mempermudah pengendaranya dalam mengemudikan mobil ini, Datsun Cross mengandalkan sistem kemudi Speed-Sensitive Electric Power Steering yang dirancang dengan power assist sehingga bisa menyesuaikan dengan kecepatan. Pada kecepatan rendah, seperti ketika Anda sedang parkir, sistem ini akan membantu pengemudinya sehingga lebih mudah untuk bermanuver di tempat yang sempit. Pada kecepatan tinggi, sistem akan membuat steering lebih berat, untuk kontrol penuh. Memang, secara keseluruhan interior dari spesifikasi Datsun Cross ini didesain dengan konsep yang mewah dan mengedepankan kenyamanan.

Mobil Datsun Cross

Dimensi

Dimensi Lebih Luas dengan Kaki-Kaki Kokoh

Selanjutnya, kita akan membahas dimensi dari spesifikasi Datsun Cross. Sudah kita bahas sebelumnya bahwa Go Cross ini merupakan mobil hatchback yang memiliki bentuk bodi yang besar., Namun, hingga saat ini untuk ukuran dimensinya secara spesifik masih belum diketahui mengingat di Indonesia sendiri, Datsun baru merilis konsepnya saja. Tetapi, hal yang jelas bahwa ruang kabin dari spesifikasi mobil Datsun ini cukup luas sehingga bisa dimungkinkan bahwa ukuran dimensinya pun akan lebih panjang dan lebar. Selain itu, untuk ukuran ground clearance dari spesifikasi Datsun Cross yaitu 200 mm. Dengan ukuran ground clearance yang dinilai cukup tinggi tersebut, mobil ini siap dikendarai di jalanan perkotaan maupun pedesaan. Bahkan, Datsun Cross ini juga memiliki jarak sumbu roda hingga 2.450 mm yang akan mempermudah pengemudinya untuk putar balik di jalan yang sempit. Tak hanya itu saja, untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan saat berkendara maka Datsun membekali mobil ini dengan sistem pengereman cakram yang berventilasi. Sistem ventilasi ini akan membantu mengurangi gangguan kinerja rem saat mengalami overheating, yang berarti berkendara akan lebih aman dan daya tahan rem yang lebih lama pada Datsun Cross ini. Tak hanya itu saja, suspensi MacPherson pada sektor depan dan suspensi belakang Sorot Pilin pun akan semakin membuat pengemudi dan penumpangnya lebih nyaman. Selain itu, pengemudinya pun akan lebih mudah dalam mengontrol laju kecepatan dari mobil ini. Tak sampai di situ saja, spesifikasi Datsun Cross ini pun juga dilengkapi dengan velg Alloy Wheels Black Polish 15 inci yang akan memberikan tampilan mobil tampak lebih sporty dan modern.

Review Datsun Cross

Mesin

Jantung Pacu Dibekali Mesin Berkapasitas 1.200 cc

Setelah kita mengulas pada sektor eksterior, interior, dan pada sektor dimensinya, kini saatnya Mas Sena untuk mengupas tuntas sektor dapur pacu dari spesifikasi Datsun Cross. Untuk bidang permesinan, tampaknya dari Go Cross bakal memberikan mesin dengan performa yang handal dan menghasilkan tenaga maksimal. Mesin yang akan diandalkan oleh Datsun Cross ini yaitu mesin bertipe HR12DE 12 katup dengan kapasitas 1.200 cc atau lebih tepatnya 1.198 cc. Mesin tersebut akan menggunakan 3 silinder dan akan mampu menyemburkan tenaga hingga 78 Ps untuk transmisi CVT dan 68 Ps untuk transmisi manual serta mampu mencapai maksimum torsi 104 Nm. Selain itu, mesin tersebut akan menggunakan teknologi ‘perfect circle bore machining’ yang diadopsi dari mesin mobil balap sehingga memberikan Datsun Cross ini power dan tenaga maksimum. Dengan teknologi mesin tersebut, pengemudi akan menyukai tarikannya. Sementara itu, untuk sistem counterbalance-nya meminimalkan kebisingan dan getaran untuk memberikan momen mengemudi yang tenang dan mulus. Tenaga mesin dari Go Cross tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi manual dan juga CVT. Lalu, sistem suplai bahan bakarnya mengandalkan teknologi injeksi MPFI yang pastinya membuktikan bahwa spesifikasi Datsun Cross ini lebih efisien dan optimal.

Harga Mobil Datsun Cross

Fitur

Dilengkapi Fitur Penunjang Kemanan yang Handal

Terakhir pada pembahasan mengenai spesifikasi Datsun Cross ini, kita akan mengulas fitur-fitur yang disematkan pada Go Cross ini. Pertama, untuk menunjang keselamatan maka Datsun membekali mobil crossovernya ini dengan  teknologi terkini, seperti teknologi vehicle dynamic control (VDC) yang mencakup fitur anti-lock brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), traction control (TCS), dan brake-limited slip differential (B-LSD). Tak hanya itu saja, Datsun Cross ini pun dibekali dengan piranti keamanan lainnya seperti air bags ganda, lampu peringatan sabuk pengaman, dan lampu headlight otomatis. Di mana, dengan berbagai pirainti keamanan tersebut menjamin keselamatan penumpang maupun pengemudi di dalamnya akan semakin baik. Tak hanya itu saja, pada bagian kaca belakang dari mobil ini pun disematkan wiper sehingga gangguan pandangan saat hujan deras tidak terjadi. Di sisi lain, Datsun Cross ini pun membawa berbagai fitur yang menunjang kenyamanan para penumpang di dalamnya. Diantaranya adalah panel instrument dengan head unit berlayar sentuh berukuran 6,75 inci, yang dilengkapi koneksi bluetooth, USB, Aux, dan smartphone. Di mana dengan beberapa fitur tersebut dijamin akan membuat penumpang maupun pengemudi betah berlama-lama di dalam kabin mobil ini. tentu saja, hal tersebut akan menjadi sebuah kelebihan dari spesifikasi Datsun Cross ini.

Spesifikasi Datsun Cross

Mesin
Tipe Mesin DOHC
Kapasitas 1200 cc
Tenaga Maksimal 68 hp (Manual) / 78 hp (CVT)
Torsi Maksimal 140 Nm
Rasio Kompresi  –
Transmisi CVT/ Manual
Sistem Injeksi Datsun MPFI
Kecepatan Maksimal  –
Dimensi
Panjang  –
Lebar  –
Tinggi  –
Jarak Sumbu Roda 2450 mm
Jarak terendah 200 mm
Kapasitas Tangki  –
Kaki-kaki
Suspensi Depan  –
Suspensi Belakang  –
Rem Depan  –
Rem Belakang
Roda 15 inci Alloy Wheels
Fitur
Keselamatan & Keamanan • Vehicle dynamic control (VDC)
• Anti-lock brake system (ABS)
• Electronic brake distribution (EBD)
• Brake assist (BA), traction control (TCS)
• Brake-limited slip differential (B-LSD)
• Air bags ganda
• Lampu peringatan sabuk pengaman
• Lampu headlight otomatis
Kenyamanan • Head unit berlayar sentuh 6,75 inci
• Daytime running lamps (DRL)
• Koneksi bluetooth, usb, aux, dan smartphone
• Panel instrumen beraksen krom
• Projector, led signature headlamp (with auto light system) & fog lamp
• Stylish under protector
• Kabin senyap

Harga Datsun Cross

Nah, akhirnya sampailah kita pada ulasan terakhir, yaitu pembahasan terkait harga Datsun Cross. Akan tetapi, sebelumnya Mas Sena ingin memberikan kesimpulan sedikit mengenai spesifikasi yang telah diulas secara lebar di atas. Jika kita melihat dari eksteriornya, tampaknya memang sudah jelas seperti yang diutarakan pada beberapa segmen di atas bahwa Datsun Cross ini mengusung desain yang lebih futuristik dan modern ditambah dengan ruang kabin yang cukup luas dan didesain dengan gaya rancang yang lebih mewah dan nyaman. Sehingga, tak salah jika Datsun memang menghadirkan mobil crossovernya ini dengan sejuta kemewahan dan elegan. Alhasil, hal tersebut pun cukup berpengaruh pada kisaran banderol harga Datsun Cross yang dibanderol sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan dua varian mobil Datsun lainnya yang menyasar segmen LCGC. Tak hanya sektor eksteriornya saja, sektor jantung pacunya pun juga tergolong handal berkat disematkannya mesin berkapasitas 1.200 cc  yang siap memberikan performa yang lebih optimal. Lalu, Datsun juga membekalinya dengan fitur keselamatan dan kenyamanan serta keamanan sehingga akan lebih terjamin. Lalu, berapa ya harga Datsun Cross ini?

Harga Datsun Cross

Harga Datsun Cross Terbaru

Berbicara mengenai harga Datsun Cross ini memang saat ini sudah diketahui dengan jelas. Pasalnya, pihak Nissan Datsun sendiri memang sudah merilis mobil ini pada Januari 2018 ini. Di mana, dari perilisannya tersebut diketahui jika mobil ini memang dibanderol lebih mahal dari dua varian mobil Datsun sebelumnya. Pasalnya, Datsun membanderol harga Datsun Cross ini dengan angka Rp163 juta untuk varian MT dan Rp175 juta dengan transmisi CVT. Harga tersebut memang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil datsun sebelumnya yakni Go Panca yang dibanderol pada kisaran angka Rp104,8 juta-Rp135,15 juta. Namun demikian, jika melihat segmentasi yang disasarnya yakni crossover, harga jual Datsun Cross tersebut masih bisa terbilang murah. Pasalnya, dengan tampilan yang menawan serta berbagai fitur yang mumpuni, harganya tersebut masih berada di bawah kisaran Rp 200 jutaan. Sehingga tak mengherankan jika nantinya akan banyak yang mengantri untuk membelinya. Nah, apakah dengan informasi harga Datsun Cross tersebut sudah membuat kawan-kawan tertarik membelinya?

Harga Datsun Cross
Tipe
Harga
 CVT  Rp 175.000.000,-
 Manual  Rp 165.00.000,-

Catatan : 

  • Harga mobil Datsun Cross diatas merupakan harga resmi
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Datsun Cross

Perlu diketahui bahwa meskipun harga Datsun Cross tersebut  terbilang cukup murah di kelasnya, namun tentu harga tersebut sudah dipertimbangkan dengan desain, spesifikasi, dan fitur yang diusungnya. Sehingga, Mas Sena rasa sangat pas jika Datsun membanderolnya pada kisaran angka tersebut. Selain itu, dengan kisaran harga Rp104,8 juta-Rp135,15 juta. yang terbilang murah tersebut, nantinya mobil ini akan menjadi pesaing kuat bagi beberapa crossover lain di Tanah Air. Di mana, hal yang perlu diperhatikan yaitu brand Datsun tak se dominan Honda atau Toyota yang lebih dulu mendominasi pangsa pasar otomotif Indonesia. Sehingga, meskipun harga yang ditawarkan pada Datsun Cross ini terbilang murah, namun tentu datsun perlu kerja keras untuk dapat mendapat perhatian lebih dari para pecinta otomotif di Indonesia. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Datsun Cross yang Mas Sena sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih. Baca juga Datsun GO dan Datsun Redi Go.

Top