Harga Suzuki Ignis, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Suzuki Ignis dan Spesifikasi – Tampaknya, pemain kelas kakap pada segmen crossover seperti Honda HR-V, Ford EcoSport dan Nissan Juke bakal siap untuk bersaing dengan pendatang baru dari jajaran produk Suzuki, yaitu Suzuki Ignis. Mobil terbaru garapan Suzuki ini akan hadir dengan menawarkan style dan kehandalan yang tidak kalah dari mobil crossover garapan pabrik lain. Memang, Suzuki Ignis ini sebelumnya sudah dirilis di kampung halamannya Jepang pada 18 Februari 2016 lalu dan kini sudah mulai akan dirilis untuk pasar global. Suzuki Ignis ini merupakan mobil yang menyasar pada segmen crossover terbaru yang dirancang dan diproduksi dengan mengombinasikan antara SUV dan City Car sehingga menjadi sebuah mobil SUV yang lebih kompak dan lincah serta nyaman dikendarai di perkotaan. Bahkan, Suzuki Ignis ini pun juga handal jika dikendarai di medan jalanan offroad ringan seperti di jalan pedesaan atau lokasi camping yang tidak terlalu berat. Di sisi lain, Suzuki Ignis ini pun juga tentunya bakal menjadikan persaingan di pasar otomotif menjadi kian ketat.

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis

Terlepas dari hal tersebut, sebenarnya tidak banyak informasi yang terkait dengan spesifikasi dari Suzuki Ignis ini. Namun, versi produksi dari konsep iM-4 ini dianggap bakal hadir dengan sistem penggerak 4 x 4 (seluruh roda). Sementara itu, untuk basis mobil ini akan berpenggerak roda depan dengan tata letak mesin yang juga berada di depan. Bahkan, untuk pengaturan penggerak Suzuki Ignis ini bisa diubah menjadi 50% depan dan 50% di belakang. Hasil reinkarnasi konsep iM-4 yang satu ini terlahir mengenakan platform yang sama dengan Suzuki Baleno terbaru dan mengadopsi tampang retro modern nan unik. Ground clearance yang tinggi serta pacuan ukurannya yang kompak turut menjanjikan kapabilitas berkendara yang menyenangkan. Untuk dapur pacu Suzuki Ignis ini, pabrikan menanamkan kombinasi mesin 4-silinder DualJet K12C berkapasitas 1.25 liter bersama dengan system SHVS mild hibrid. Konsumen bisa memilih antara varian bersistem CVT dan ALLGRIP AWD sesuai selera. Untuk spesifikasi yang lebih detail, kali ini Mas Sena akan mengulas secara lengkap mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Ignis. Mau tahu apa saja sih keunggulan dari mobil crossover ini? Yuk, kita simak bersama.

Mobil Suzuki Ignis

Review Suzuki Ignis

Eksterior

Desain Simpel Tampilkan Gaya Sporty

Sebagai crossover yang siap bertanding dengan mobil besutan pabrik lain pada segmen yang sama, tentunya Suzuki juga ingin membuat spesifikasi Suzuki Ignis ini memiliki konsep desain yang menarik. Hal tersebut dibuktikan oleh Suzuki dengan sektor eksteriornya yang diklaim memiliki kemiripan dengan Alto terbaru. Selain itu, desain body mobil tampak memberikan kesan gagah yang terlihat pada bagian depan. Tampilan grill depan pada Suzuki Ignis ini memperlihatkan adanya lubang-lubang pada grill serta aksen krom yang mengelilingi bagian headlamp dan grill terlihat memberi kesan yang pas dengan tampilan bumper, untuk bumper sendiri mobil ini terlihat perpaduan sporty dan gagah dengan tampilan bumper bawah yang menggunakan warna hitam dop. Sementara itu, foglamp Suzuki Ignis ini terlihat masih menggunakan desain membulat. Sedangkan, untuk tampilan bagian samping akan tampak velg berwarna hitam yang terbalut dengan ban berukuran R18. Tak hanya itu saja, yang terlihat mencolok lainnya pada bagian samping dengan warna handle pintu berwarna krom. Selain itu, pada bagian samping ini juga terpasang lampu sein yang berada pada spion mobil. Sementara di sisi lain, untuk spion dari Suzuki Ignis sudah menggunakan spion otomatis. Tampilan ujung kaca mobil bagian samping yang dibuat cenderung melancip berbalut garis krom yang mengitarinya. Di bagian samping itu, akan dijumpai pula spoiler dengan desain yang cukup besar. Kemudian, untuk tampilan belakang sendiri terlihat cukup modern dengan desain stoplamp yang mengotak serta pada saat mengerem terlihat desain dari stoplamp ini yang cantik, meskipun dimensinya cukup kecil Suzuki tidak lupa menambahkan wiper pada bagian belakang ini.Selain itu, spesifikasi Suzuki Ignis yang cukup mencolok juga terlihat pada bagian samping dimana terlihat lubang udara pada bagian body belakang.

Spesifikasi Suzuki Ignis

Interior

Interior Didesain Lebih Minimalis dan Nyaman

Setelah kita mengulas sektor eksteriornya, kini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas pada ruang kabin dari spesifikasi Suzuki Ignis. Jika kita memasuki pada sektor kabinnya maka kita akan disuguhkan tampilan yang minimalis namun nyaman. Pasalnya, Suzuki Ignis ini hanya mampu menampung hingga 4 orang saja di mana pada kursi belakang hanya terdapat 2 tempat duduk (kursi) yang cukup lega, nampaknya pihak Suzuki sengaja tidak mengisinya dengan 3 kursi agar kenyamanan penumpang tidak dikorbankan alias liburan benar-benar nyaman dengan tidak berdesakan pada baris kedua. Sementara di belakang jok baris kedua Suzuki Ignis ini, terdapat bracket bagasi yang dirancang dengan sangat baik sehingga akan menjadi lebih leluasa ketika membawa barang. Pastinya, hal tersebut merupakan suatu keharusan lantaran mobil SUV ini akan melewati jalanan yang cukup bervariasi. Kemudian, jika melihat pada bagian dashboard Suzuki Ignis ini, dinilai cukup modern dengan LED layar sentuh lebar untuk mengontrol mobil mulai dari wiper, sistem audio, AC, dll. Sementara pada lingkar kemudi juga ditambahkan switch audio control. Meskipun terbilang minimalis namun ruang kabin atau interior dari spesifikasi Suzuki Ignis ini tetap akan memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya.

Spesifikasi Mobil Suzuki Ignis

Dimensi

Dimensi Mungil Disokong Kaki-Kaki Kokoh

separator

Sudah kita bahas sebelumnya bahwa spesifikasi Suzuki Ignis ini memang hadir dengan bentuk bodi yang terkesan lebih mungil. Sehingga, sangat dimungkinkan dan bisa dipastikan bahwa ukuran dimensi dari Suzuki Ignis ini memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu panjang 3.700 mm, kemudian lebarnya mencapai hingga 1.660 mm, dan tinggi yang di terapkan mobil ini mencapai 1.595 mm. Untuk jarak sumbu roda yang terpasang di mobil Suzuki Ignis ini memiliki ukuran 2.435 mm, dengan ground clearance yang memiliki ukuran hingga 180 mm. Jadi bisa dikatakan untuk ukuran yang di terapkan mobil ini memang bisa dibilang cukup kecil jika dibandingkan dengan mobil-mobil Crossover yang sejenisnya. Selain itu, sebagai mobil dengan tipe crossover, Suzuki Ignis ini telah dirancang dengan kaki-kaki mobil yang cukup kokoh walaupun tidak nampak jelas karena bentuk ban yang diusungnya tidak begitu besar. Namun kalian tidak usah khawatir karena suspensinya sudah di desain dengan rancangan crossover yang pasti kualitasnya bagus saat digunakan. Di sisi lain, sistem pengereman Suzuki Ignis ini menggunakan ABS dan EBD yang juga di lengkapi dengan teknologi ESP, Hill-Hold, dan hill descent control. Kemudian untuk mengoptimalkan kenyamanan berkendara dengan menggunakan mobil ini, Suzuki juga telah menyediakan velg dengan ukuran 18 inci yang telah di balut dengan ban yang keren untuk menjadi default pada spesifikasi Suzuki Ignis ini.

Review Suzuki Ignis

Mesin

Performa Powerfull Berkat Mesin Kapasitas 1.250 cc

Meskipun diketahui bahwa spesifikasi Suzuki Ignis ini memiliki bodi yang mungil dan minimalis jika dibandingkan dengan mobil crossover lainnya namun untuk urusan jantung pacu tak bisa dianggap sebelah mata. Suzuki Ignis ini tetap memiliki tenaga yang gahar untuk permesinannya. Pasalnya, mobil terbaru besutan Suzuki ini sudah mengandalkan mesin K 12C Dualjet VVT-I dengan kapasitas 1.250 cc. Kemudian Suzuki Ignis ini juga dibekali dengan teknologi mild-hybrid pada mesinnya tersebut. Paduan mesin bensin dan listrik yang ada pada mobil ini disebut mampu mendorong dengan kekuatan 89.75 hp. Dengan kekuatan tersebut maka mobil crossover mungil ini akan memberikan performa yang powerfull dan memiliki akselerasi yang lebih cepat. Hal lain yang cukup menarik dari Suzuki Ignis ini adalah adanya kabar bahwa Suzuki akan memberikan opsi penggerak 4 roda atau yang disebut dengan 4WD sebagai varian khusus. Sedangkan, untuk varian standarnya akan menggunakan sistem penggerak 2 roda yang biasa disebut pula dengan 2WD. Menurut informasi yang beredar mobil ini juga memiliki varian yang telah dilengkapi dengan fitur sistem All grip dan juga all whell drive atau AWD yang terhubung ke dalam sistem transmisi CVT. Terlepas dari itu, hal yang cukup menarik yaitu dilengkapinya dengan sistem AWD yang memiliki rasio konsumsi bahan bakar hingga 19.8 Km/ Liter. Dan untuk versi AWD yang terdapat pada jenis mobil Suzuki Ignis ini hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak yang mencapai 25.4 km. Sehingga, dapat diketahui bahwa spesifikasi Suzuki Ignis ini merupakan crossover yang tergolong irit namun tetap memberikan performa yang powerful.

Harga Mobil Suzuki Ignis

Fitur

Dilengkapi Fitur Keselamatan dan Kenyamanan yang Canggih

Selain dibekali dengan mesin yang gahar, spesifikasi Suzuki Ignis ini juga bakal hadir yang diimbangi dengan sistem atau fitur keselamatan yang memadai. Oleh sebab itu, untuk menunjang keselamatan pengemudi maupun penumpangnya maka disematkannya fitur airbag yang akan menjaga penumpangnya dari benturan keras ketika terjadi kecelakaan. Selain itu, untuk sistem pengeremannya, Suzuki Ignis ini akan mengandalkan teknologi ABS dan EBD sehingga pengendara atau pengemudinya bisa mengontrol laju mobil ini dengan aman dan lancar. Tak sampai di situ saja, untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya, crossover mungil garapan Suzuki ini juga bakal membekali sebuah velg dengan ukuran ring 18 yang dibungkus dengan ban yang gagah. Bahkan, pada bagian interior telah di sediakan tombol start mesin yang memudahkan untuk menyalakan mesin, dan pemanas pada jok bagian depan. Di sisi lain, Suzuki Ignis 2016 ini juga telah dibekali dengan fitur canggih lainnya berupa automatic climate control, Lalu, cruise control, dan keyless entry yang telah di lengkapi dengan tombol start mesin. Di samping itu, fitur hiburan dari Suzuki Ignis ini tergolong lengkap, salah satunya adalah dengan adanya LCD monitor 7 inci yang tentunya merupakan pusat hiburan dimana selain bisa mengontrol kinerja mobil pada fitur ini juga sobat bisa menggabungkan smartphone dengan koneksi bluetooth dan kabel USB, di mana dengan fitur ini sobat akan dimudahkan saat melakukan panggilan telepon dan menghindari kecelakaan. Hal ini tentu menjadi fitur andalan dalam spesifikasi Suzuki Ignis ini.

Spesifikasi Suzuki Ignis

Dimensi
p x l x t 3700 x 1660 x 1595mm
Jarak Ke Tanah 180 mm
Jarak Poros Roda 2435 mm
Turning Radius Min 4.7 m
Ukuran Roda R 18
Suspensi Depan Penopang Tekanan MacPherson
Suspensi Belakang Multi-Link
Mesin
Sistem bahan Bakar MPFI
Katup/Silinder 12/3
Tenaga Maksimal 89.75 hp
Transmisi 5MT
Volume Mesin 1250 cc
Eksterior
Headlamp Otomatis
Velg Alloy
Interior
Kapasitas Kursi 5
Entertainment LCD Multiplayer
Keamanan dan Keselamatan
Sistem Rem F/R Ventilated Disc/Disc, ABS, Brake Assist
Airbag Depan, Penumpang, Samping
Sensor Kecelakaan

Harga Suzuki Ignis

Menginjak pada segmen terakhir ini Mas Sena akan mengupas tuntas tentang harga Suzuki Ignis ini. Namun sebelumnya Mas Sena ingin memberikan beberapa penjelasan ringkas mengenai spesifikasi dari Suzuki Ignis yang telah dibahas sebelumnya. Pertama, sudah diketahui bahwa desain dan dimensi yang diusung crossover ini memang tergolong mungil dan terkesan minimalis. Jika menengok pasaran crossover yang disasarnya, nampaknya harga Suzuki Ignis dapat dipastikan tak mungkin berada dalam tatran yang murah. Namun, meskipun demikian, Suzuki Ignis juga dibekali dengan mesin yang handal, yaitu mesin berkapasitas 1.250 cc yang bertipe mesin mesin K 12C Dualjet VVT-I sehingga akan memberikan performa mesin yang handal dan gahar. Bahkan, fitur keselamatan dalam Suzuki Ignis ini seperti sektor pengereman yang mengandalkan sistem ABS dan EBD pun menjadi nilai plus untuk mobil crossover garapan Suzuki ini. Lantas dengan kita mengetahui spesifikasi tersebut, berapa ya harga Suzuki Ignis ini?

Harga Suzuki Ignis

Harga Suzuki Ignis Terbaru

Terlepas dari hal tersebut, perlu diketahui bahwa untuk harga Suzuki Ignis ini dibanderol untuk pasaran Jepang seharga 1.382.000 yen hingga 1.778.000 yen, atau jika dirupiahkan mencapai hingga Rp 163 hingga 210 jutaan. Tetapi, hingga saat ini, masih belum ada harga resmi mengenai Harga Suzuki Ignis dari pihak Suzuki. Namun, harga yang disebutkan tersebut bisa menjadi patokan karena harga Suzuki Ignis di jepang sendiri dijual dengan kisaran range tersebut, hadirnya Suzuki Ignis pastinya menjadi kabar baik bagi par penggemar Suzuki yang sedang memilih kendaraan dengan konsep citycar. Selain itu, hadirnya Suzuki Ignis di ajang GIIAS 2016 agaknya mampu menjadi penyegar pilihan setelah beberapa bulan ini ditawari mobil dengan konsep LCGC. Apalagi, mengingat harga Suzuki Ignis yang bisa dibilang tak teralalu mahal, nampaknya memang dapat dijadikan alasan pembenar untuk meminangnya.

Harga Suzuki Ignis

Sekitar Rp 163.000.000,- s/d Rp 210.000.000,- (Perkiraan)

Catatan : 

  • Harga mobil Suzuki Ignis diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Suzuki Ignis

Perlu diketahui bahwa sekali lagi harga Suzuki Ignis tersebut merupakan harga prediksi sementara yang sudah disesuaikan dengan spesifikasi yang diusung Suzuki Ignis. Selain itu, jika harga tersebut benar adanya maka harga tersebut akan berlaku untuk On The Road (OTR) di wilayah Jakarta. Di samping itu, kehadiran Suzuki Ignis ini bukan berarti akan berjalanan semulus dengan yang diharapkan. Pasalnya walaupun harga Suzuki Ignis ini bisa terbilang murah, namun Honda HR-V, Ford EcoSport dan Nissan Juke yang saat ini dikenal sebagai pabrikan yang telah mendominasi pasar otomotif, terutama di Indonesia namnpaknya siap menjadi penghadang kuat mobil buatan Suzuki tersebut. Namun, tentunya Suzuki Ignis ini harus tetap optimis dan tak perlu minder. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Ignis yang Mas Sena sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih. Baca juga Suzuki SX4 S-Cross dan Nissan Juke.

Top