Tahun Sulit Penjualan Motor Suzuki

Penjualan Menukik, Suzuki Tutup Pabrik Di Malaysia – Sekalipun dengan menutup mata, semua orang pasti akan menyatakan bajhwa Suzuki adalah branding raksasa di pasaran otomotif dunia. Sayangnya, kejamnya bisnis otomotif tak bisa membuat kepastian yang jelas bahwa pemain lama akan terus berada di pasaran. Hal ini nampaknya yang mulai terjadi pada Suzuki dalam bermain pada pasar roda dua.

tahun kelam penjualan motor suzuki

Setelah isu kurang lakunya produk Suzuki di pasaran Indonesia terdengar miris lantaran dibarengi oleh peningkatan-peningkatan penjualan branding lainnya, kali ini Suzuki dikabarkan telah menutup pabriknya. Walaupun kejadian ini bukan terjadi di Indonesia melainkan Malaysia, namun nampaknya hal tersebut bisa menjadi gambaran posisi Suzuki di pasaran dunia.

Pasalnya, dilansir dari Okezone (22/8/2016), di Malaysia Suzuki dikatakan mengalami anjloknya penjualan hingga 50 persen. Hal ini didapatkan dari data penjualan yang hanya mencatatkan 8000 unit terjual yang sangat jauh berbeda pada tahun 2013 yang mencapai dua kali lipatnya. Tentu saja hal ini termasuk mencengangkan apalagi mengingat dengan kapasitasnya yang begitu besar, Suzuki saja mampu runtuh dalam keadaan yang begitu dramatis.

Padahal, jika dilihat dari segi segmen, pabrik perakitan Suzuki di Prai memroduksi sepeda motor skuter pada model Addres, Nex, dan Axelo.  Tentu, anjloknya angka penjaualan emmang terbialng aneh lantaran segmen yang disasar juga masuk dalam segmen yang sedang hits akhir-akhir ini. Selain itu, Suzuki juga memroduksi andalan-andalannya dengan kapasitas mesin 150 cc yang naytanya juga tak mampu menguatkan gairah motor Suzuki di tengah masyarakat.

Walaupun telah menutup pabrik perakitannya, Suzuki dipastikan akan tetap memberikan pelayanan aftersales dan jaminan suku cadang bagi konsumennya di Malaysia sesuai janjinya pada konsumen ketika jual beli produknya. Namun ke depannya, kabarnya Suzuki hanya akan menjual jajaran sepeda motor gede yang akan didatangkan langsung dari Jepang.

Hal ini tentu menjadi fenomena yang menarik. Pasalnya, Suzuki di Indonesia malah sempat menyatakan akan mulai fokus bermain pada segmen skuter matik. Hal yang jelas, semua berharap Suzuki dapat kembali pada titik kejayaannya. Baca juga Menarik perhatian sepeda motor Suzuki di MotoGP dan

Top