Akhirnya, Ini Airbag Untuk Bikers

Airbag Bikers Diuji Coba – Keselamatan dan keamanan berkendara merupakan titik fokus pengembangan yang berjalan linear dengan teknologi di dunia otomotif. Pasalnya, selalu saja, berkendara memang memberikan risiko yang lebih besar untuk mengalami kecelakaan ketimbang berdiam diri di rumah. Untuk itu, perlengkapan keselamatan difungsikan sebagai peminimalisasi risiko tersebut.

akhirnya ini airbag untuk bikers

Salah satu perangkat keselamatan yang terkenal adalah airbag. Perangkat ini dikatakan sangat efektif lantaran berupa kantung udara yang mampu menyerap energi dari tubrukan ketika kecelakaan. Karena serapannya itulah maka manusia sebagai subjek perlindungan utama tak perlu merasakan energu tubrukan tersebut. Sayangnya, teknologi ini sudah dalam beberapa dekade dimonopoli untuk varian mobil saja. Alasannya, hal ini karena adanya kekurangan ruang yang memadai pada kendaraan roda dua.

Namun, seiring perkembangan teknologi yang ada saat ini, nyatanya airbag khusus untuk biker berhasil diciptakan. Dilansir dari Okezone (23/8/2016), Airbag khusus biker ini sedang dalam tahapan uji coba. Airbag tersebut diproduksi oleh perusahaan yang bergerak dalam bisnis perangkat keselamatan di Italia, Dainese. Sebagai lahan ujinya, tentu keadaan ekstrim harus dilakukan.

Keadaan tersebut menggunakan sirkuit balap di Italia sebagai lahan uji cobanya. Alhasil, airbag yang ditempatkan pada pundak pengendara tersebut berhasil sukses melindungi penggunanya. Hal ini lantaran airbag tersebut didesain mampu mengembang untuk melindungi bagian leher, dada, pundak, hingga punggung pengendara. Teknologi ini terbilang mengagumkan. Pasalnya, airbag tersebut mengembang tepat setelah pengendara jatuh dari kuda besinya. Bahkan, untuk bagian fatal dari terkilir seperti leher juga mampu dilindungi ketika pengendara terpaksa berguling di aspal.

Untuk mencegah kecelakaan tingkat lanjung, pengendara dapat dengan mudah melepas airbag ini setelah kecelakaan. Pasalnya, hanya tinggal menarik tali dari sisi kanan dan kiri pengguna, airbag ini sudah mampu dilepas dengan mudah. Harapannya, sekalipun pengendara berhasil selamat dari kejatuhannya, pengendara bisa langsung menyelamatkan diri ke pinggir jalan dengan mudah. Karena sebagaimana diketahui, kantung udara ini memang membuat kesulitan tersendiri dalam bergerak secara normal. Baca juga Honda Recall 2.701 Unit Varian Gold Wing dan Lebih Dari 35 Ribu Unit Mitsubishi Triton Direcall Akibat Airbag.

Top