BMW Ketahuan Pakai Serat Karbon

Segera Paten, Rangka Karbon Milik BMW – Industri Otomotif nampaknya tak kehabisan ide untuk mengutak-atik setiap sisi kendaraan bermotor. Tujuannya tentu tak perlu diragukan lagi. Selain untuk memberikan nilai tambah pada kendaraan, pentingnya nilai perkembangan peradaban manusia turut menjadi sorotan dalam dunia otomotif. Kali ini, BMW bisa dikatakan akan segera menjadi pionir dalam urusan pembaruan ini.

bmw ketahuan pakai serat karbon

Dilansir dari Okezone (24/8/2016), BMW dikabarkan sedang mematenkan serat karbon untuk digunakan sebagai rangka pada produk kendaraan roda duanya. Tentu saja hal ini cenderung mengagumkan lantaran sebelumnya rangka kendaraan roda dua memang lebih lazim menggunakan bahan aluminium yang dikeraskan.

Jika menengok penggunaan teknologi sebelumnya yang menggunakan aluminium, tentu saja serat karbon lebih memiliki keunggulan. Pasalnya, Aluminium yang merupakan bagian atom logam memang memiliki bobot tersendiri untuk dijadikan alasan kurang efisien pada kendaraaan bermotor. Hal ini tentu menjadi beban bagi mesin untuk sekedar menanggung bobot yang dihasilkan dari rangka. Sedangkan jika menggunakan serat karbon yang memiliki massa atomik cenderung lebih rendah tentu akan menjadi keunggulan sendiri bagi pabrikan yang mengendarainya.

Itu artinya, dengan mesin berkubikasi lebih kecil sekalipun akan tetap mampu memacu motor moge khas BMW. Ataupun jika masih ingin menggunakan mesin dengan kubikasi yang besar, tentu akan menghasilkan output power yang lebih luar biasa untuk mengaspal di jalanan. Selain itu, efisiensi bahan bakar bisa lebih dimaksimalkan dengan bobot kendaraan yang lebih ringan.

Walaupun demikian, sebenarnya serat karbon sendiri bukan hal yang baru di dunia ini. Pasalnya, berbagai benda yang ada di lungkungan sekitar sudah berangsur-angsur menggunakan serat karbon. Bedanya, untuk menggunakan serat karbon sebagai rangka kendaraan bermotor memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Kabarnya, BMW sudah memiliki dua desain motornya untuk dipasangi rangka serat karbon. Desain pertama menunjukkan penggunaan rangka serat karbon pada sepeda motor BMW S1000RR yang masuk dalam kategori superbikes. Sementara desain kedua masih misterius namun dipercaya merupakan varian dengan harga yang lebih terjangkau. Baca juga BMW Motorrad menggoda hati konsumen dan Motor BMW F800GS Jadi Kendaraan Pasukan London.

Top