Tahun Ini, Daihatsu Genjot Produksi 450.000 Unit Mobil

Tahun Ini Daihatsu Berencana Produksi 450.000 Unit Mobil – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merupakan pabrik mobil terbesar yang ada di Indonesia saat ini. Nah, setelah beberapa kendaraan diproduksi secara lokal kini Daihatsu berencana untuk menggenjot produksi mobil untuk kebutuhan pasar domestik maupun pasar ekspor. Untuk memenuhi hal itu, Daihatsu sendiri memasang target produksi untuk tahun ini adalah sebanyak 450.000 unit mobil.

tahun ini daihatsu berencana produksi 450000 unit mobil

Seperti diketahui pada wal bulan Agustus 2016 kemarin, ADM mengumumkan telah menggelontorkan dana sebesar Rp1,1 triliun. Nah, dana sebesar itu akan digunakan untuk merenovasi pabrik perakitan di Karawang yang selama ini telah berhasil melahirkan beberapa model mobil seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Wigo yang merupakan produk ekspor. Tujuan langkah yang dilakukan oleh Daihatsu ini sendiri adalah tak lain untuk bisa memproduksi secara maksimal dua mobil barunya itu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Dalam kesempatannya, Sudirman, MR selaku Presiden Direktur ADM ini mengatakan seperti yang dikutip dari KompasOtmotif, Kamis (25/08/2016), “Kami perkirakan akan memproduksi 450.000 unit di sini, tahun ini karena kami baru mengeluarkan produk Sigra dan Calya.

Seperti kita ketahui, bahwa meski belum genap sebulan Sigra dan Calya diluncurkan, namun kedua mobil tersebut cukup diminati dan berhasil mencatat surat pemesanan kendaraan (SPK) di atas target yang ditentukan. Untuk itu, aktivitas produksi di pabrik juga harus berjalan maksimal agar konsumen tidak terlalu lama menunggu.

separator

Jika dihitung secara total, dari dua pabrikan yang ada, maka seluruh kapasitas yang terpasang di ADM tahun ini adalah mencapai angka 530.000 unit setiap tahunnya. Hasil tersebut merupakan penjumlahan dari pabrik Karawang yang menghasilkan produksi 200.000 unit lalu ditambah dengan kapasitas terpasang unit di pabrikan Sunter yang merupakan penghasil mobil Daihatsi Terios, Xenia, Gran Max, Luxio juga model-model Toyota seperti Avanza, Rush, serta Town Ace dan Town Light untuk pasar ekspor yang jumlah keseluruhannya adalah 330.000 unit.

Rencana ADM untuk memproduksi sebanyak 450.000 unit setiap tahun ini adalah baru sekitar 80 persen dari kemampuan yang sebenarnya. Sebetulnya jika dimaksimalkan, pabrikan Daihatsu masih memiliki celah sebesar 20 persen atau sekitar 80.000 unit yang bisa dikembangkan lagi. Baca juga Kurang Dari Sebulan Pemesanan Sigra-Calya Capai Angka 5.000-8.000 SPK  dan Hadirkan Sigra, Daihatsu Suntik Mati Xenia 1.000 cc

  • Arnita Rahmawati

    Sudah terlihat perkembangannya. khususnya di yogyakarta, jumlah SPK Sigra cukup banyak, namun masih menunggu indent unit.

Top