Taksi Otonomos Perdana Resmi Beroperasi

Taksi tanpa pengemudi resmi beroperasi – Singapura menjadi negara perdana yang memberlakukan perpaduan teknologi canggih dalam layanan jasa itu, operasi taksi yang dilakukan di kawasan khusus untuk untuk publik terbatas. Taksi dengan teknologi Otonomos pertama didunia resmi beroprasi, Kamis (25/8/2016). Taksi tanpa pengemudi ini dikembangkan oleh perusahaan yang bernama NuTonomy. Walaupun usia perusahaan bernama NuTonomy asal Cambridge, Amerika Serikat ini baru menginjak usia tiga tahun, namun cukup mengejutkan pada pelopor jasa semacam ini.

taksi tanpa pengemudi resmi beroperasi

Lebih dulu dibandingkan dengan Uber yang rencananya bakal meluncurkan teknologi serupa, mulai bulan depan akan bekerja sama dengan Volvo. NuTonomy telah terlebih dahulu melakukan serangkaian pengujian di Singapura sejak April lalu.

Saat ini taksi Otonomos itu bisa di jajal masyarakat secara gratis. Melalui aplikasi ponsel, publik bisa memesan salah satu di antara Renault Zoe atau mobil listrik Mitsubishi i-MiEV yang sedang di modifikasi. Sementara taksi berpengemudi sendiri, insinyur NuTonomy tetap ikut di kabin untuk memastikan sistem bekerja dengan sempurna, sekaligus untuk berjaga- jaga jika saja terjadi kesalahan.

Selain itu mobil ini dirancang berbahan listrik sudah dipastikan tidak mengeluarkan emisi layaknya kendaraan berbahan bakar fosil. Maret lalu mobil ini lulus tes mengemudi untuk pertama kali di Singapura tanpa sedikitpun mengalami kecelakaan.

Advertisement

Banyak pihakyang mendukung proyek ini. Tidak disebutkan kapan kendaraan canggih ini mulai beroprasi. Yang jelas ini bergantung pada regulasi pemerintah Singapura NuTonomy sendiri memastikan diri sanggup membuat ribuan taksi Otonomos dalam beberapa tahun kedepan. Mendengar informasi rencananya taksi Otonomos ini akan beroperasi pada 2018 yang akan datang.

“Percobaan ini merepresentasikan kesempatan yang luar biasa untuk mendapatkan masukan dari penumpang di kondisi yang nyata. Masukan itu akan memberikan NuTonomy keuntungan unik selagi kami bekerja mengembangkan kendaraan fleet yang bisa mengemudi sendiri pada tahun 2018 mendatang,” ujar bos NuTonomy Karl lagnemma, KompasOtomotif, Jumat (26/8/2016). Baca juga Khawatir dengan Keselamatan Jalan Raya, China Larang Teknologi Otonomos dan Otonomos Alami Kecelakaan, Masa Depannya Terancam

  • indonesia juga punyua mobil listrik , kira2 bisa dipakai untuk taksi ga ya

Top