Eh? Mobil Polisi Juga Kena Recall?

Ford Keren, Mobil Polisi Direcall – Maslaah recall nampaknya memang hampir menjadi konsumsi sehari-hari para pengamat otomotif di dunia. Pasalnya, fenomena recall seperti sudah tak bisa dibendung lagi bahkan dari berbagai merek. Nampaknya, fenomena ini sudah hampir menjadi kebiasaan apabila diteruskan di masa yang akan datang.

eh mobil polisi juga kena recall

Recall sendiri memiliki dua aspek yang perlu dibahas. Pertama tentang kualitas produk yang terlanjur dirilis ke pasaran, dan yang kedua masalah tanggung jawab si pembuat produk. Untuk masalah kualitas, pengumuman recall sendiri sekaligus menjadi pernyataan adanya cacat produksi ynag berasal dari produsen sendiri. Bahkan, untuk kasus recall yang merupakan pemanggilan masal, dapat dikatakan kecacatan tersebut juga berlangsung secara masal.

Untuk masalah tanggung jawab, berkaitan denagn adanya kecacatan tersebut, pembuat produk berusaha untuk memperbaiki kesalahannya dengan memberikan perbaikan gratis atas kecacatan tersebut. Kendati tidak mutlak dituliskan harus gratis, namun secara etika yang mana konsumen tak ingin membeli produk cacat, menjadi sebuah kewajaran bagi produsen untuk bertanggung jawab atas kecacatan produknya.

Kali ini berita recall dihadirkan dari pabrikan besar Ford. Parahnya, kampanye recall kali ini dilakukan untuk mobil polisi. Mobil yang secara logis dibuat secara khusus untuk kepolisian Amerika Serikat tersebut dilaporkan mengalami recall lantaran terjadi kerusakan masal atas modul pompa bahan bakarnya. Dilansir dari okezone (27/8/2016), kerusakan ini berakibat dari tak bisa menyala dan matinya mobil polisi tersebut. Hebatnya lagi, angka recall bisa dibilang mengherankan lantaran hingga 40 ribu unit mobil siap menjadi pasien Ford.

separator

Secara tanggal kelahiran, mobil polisi yang terkena recall tersebut dikabarkan diproduksi mulai 8 September 2011 hingga 31 Mei 2015. Artinya selama 4 tahun berjalan, Ford telah memproduksi produk yang sakit sehingga perlu perbaikan masal. Untungnya, Ford akan bertanggung jawab dan segera melakukan perbaikan secara gratis melalui program recall ini. Program recall mobil polisi ini bisa dikatakan merupakan yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumya, pada 2012, mobil kepolisian AS juga pernah terkena recall sebanyak 9.688 unit pada model Dodge Charger. Sungguh tak terbayangkan, apa jadinya mobil polisi yang mogok ditengah mengejar penjahat. Baca juga Ford Akan Menjadi Produsen Pertama Kendaraan Operasional Kepolisian dengan Standar Tertinggi dan Kepolisian Dubai Gunakan Porsche 918 Spyder  Rp7,6 M Sebagai Mobil Operasi.

Top