Honda Civic Hatchback Lebih Pantas Dijual d Indonesia, Kenapa?

Pajak Civic Hatchback Lebih Terjangkau di Indonesia – Menurut rencana, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merk (APM) untuk setiap produk mobil Honda di Indonesia, akan segera meluncurkan Honda Civic Hatchback pada semester pertama di tahun 2017 mendatang. Namun, mobil ini sebelumnya sudah diperkenalkan terlebih dahulu pada ajang GIIAS 2016 yang diselenggarakan di ICE, BSD City, Tangerang.

pajak civic hatchback lebih terjangkau di indonesia

Jika melihat pangsa pasarnya di wilayaha ASEAN, selain Indonesia, mobil garapan Honda ini pun juga akan segera diluncurkan di Thailand. Sementara itu, untuk pasar di negara lainnya seperti di Malaysia, Honda dikabarkan tak akan memasarkannya di Negeri Jiran tersebut. Hal itu seperti apa yang dikatakan oleh Katsuki Hayashi selaku Managing Director dan CEO Honda Malaysia yang menyatakan bahwa sedan akan dikenai pajak lebih tinggi daripada tipe hatchback di Indonesia. Sehingga, akan sangat wajar jika pihak Honda lebih cenderung untuk mempereknalkan Civic Hatchback tersebut di pangsa pasar Indonesia.

“Di Indonesia, situasinya benar-benar berbeda. Gaya tubuh mobil yang paling dicari di Indonesia adalah hatchback. Skema pajak berbeda dari Malaysia, sehingga harga untuk hatchback jauh lebih rendah daripada sedan. Jadi itu sebabnya mereka memperkenalkan Civic hatchback di sana, ” kata Hayashi, seperti dikutip dari Paultan.

Perlu diketahui bahwa di Indonesia sendiri, sedan akan dikenai pajak langsung barang mewah di mana dengan menggnedong mesin di bawah 1.500 cc dikenai pajak 30%. Mesin 1.501- 3.000 cc 40 persen, dan lebih dari 3.000 cc sebesar 70 persen. Sementara itu hatchback dikenakan pajak hanya 10 persen.

Di sisi lain untuk pertama kalinya di wilayah Asia dan Ocenia, PT HPM sendiri menampilkan Honda Civic Hatchback protoype ini pada ajang GIIAS 2016. Berdasarkan informasi yang beredar, model versi 5 pintu untuk generasi ke 10 Honda Civic ini akan dilengkapi dengan mesin 1,5 liter dengan tipe VTEC Turbo.

Selain itu, sebagai tambahan informasi saja bahwa di ajang GIIAS, Honda Civic hatchback diperkenalkan oleh Noriaki Abe, Chief Operating Officer, Regional Operations (Asia & Oceania) Honda Motor bersama dengan Tomoki Uchida, President Director PT HPM. Honda Civic hatchback prototype pertama kali diluncurkan pada ajang Geneva Motor Show 2016. Baca juga Ini Dia Tampilan Civic Hatchback Protoype dan Pengujian Honda Civic Hatchback Kembali Kepergok Kamera.

Top