Lahirnya Motor Tanpa Pengendara

Ini Penampakan Motor Tanpa Awak Cyclotron – Pengembangan teknologi digital dan mesin yang dipadukan memang mampu membuat segala sesuatunya berjalan secara otomatis. Dalam dunia otomotif, hal tersebut sering disebut sebagai kendaraan otonomos. Kilauan sensasi kendaraan otonomos bisa dibilang memang tak bisa dihentikan. Pasalnya, selain kesan canggih begitu kerasa, tiadanya pelibatan manusia dalam berkendara memang menjadi sebuah keuntungan tersendiri yang tak terbantahkan.

lahirnya motor tanpa pengendara

Sayangnya, pengembangan teknologi otonomos di dunia otomotif beberapa tahun belakangan masih saja berkutat pada segmen roda empat. Hal ini bisa dibilang membuat segmen roda dua menjadi iri untuk ikut digarap sebagai kendaraan otonomos. Sayangnya, hal tersebut tak sepenuhnya mudah untuk dikabulkan. Jika segmen roda empat saja masih diragukan tingkat akurasinya, masalah kesimbangan di atas dua roda malah menjadi momok yang lebih menakutkan bagi perancang kendaraan otonomos.

Tapi itu dulu, kali ini diberitakan melalui Okezone (29/8/2016), isu kelahiran motor otonomos mulai menyeruak. Motor ini akan diberi nama Cyclotron. Penamaannya sendiri setidaknya memang menimbulkan kesa roda dua yang canggih. Motor keren ini dikabarkan dibuat oleh seorang Engineer asal Kanada, Charles Bombardier, dan seorang desainer industri Ashish Thulkar.

Sebagai basis inspirasinya, Cyclotron disebut-sebut mengikuti pola motor Tron. Sehingga nampak sudah penyebutan Tron di akhir namanya berasal dari mana. Selain itu, konsep C1 buatan Lits Motor juga ikut dihadirkan satu nafas dengan motor ini. Secara teknologi, keseimbangan motor ini akan didugung oleh sensor dimensi gyroscope yang akan membaca posisi tegak lurusnya.

Menariknya, spesifikasi motor ini mampu menampung dua orang dalam sebuah kabin. Namun jangan harap sensasi berkendara sebuah motor dengan posisi punggung akan ditemui dalam Cyclotron. Pasalnya, dalam kabin motor ini akan diposisikan saling berhadapan layaknya ruangan mini. Adanya konsep otonomos tentu membuat dua orang yang ada di dalam kabin tersebut bebas tanggung jawab dari konsentrasi berkendara.

Sayangnya, Cyclotron ini masih sebatas konsep. Namun, banyak orang percaya bahwa kendaraan otonomos roda dua ini akan mampu dipasarkan secara masal. Walaupun demikian, kepastian wakti peluncurannya nampaknya masih sangat jauh sehubungan masih diperlukannya berbagai riset permulaan. Baca juga Taksi tanpa pengemudi resmi beroperasi dan Apa Jadinya Balap Mobil Tanpa Awak ?

Top