Tetap Waspada, Rem Otomanis Dari Toyota

Fitur pengereman otomatis – Teknologi yang semakin canggih Toyota hadirkan teknologi batuan pengereman otomatis (Pre-collision Brake Assist/PBA) yang dipakai di beberapa model merupakan salah satu perangkat keselamatan bantuan pengereman otomatis ketika pengemudi sedang lengah.

fitur pengereman otomatis

Fitur rem otomatis dari Toyota tersebut bermanfaat saat mobil melaju sendiri saat harus antri lampu merah atau berada di jalanan menurun. Beberapa pengemudi kerap lupa mengaktifkan rem parkir atau menginjak pedal rem. Kelalaian itu lah yang menyebabkan mobil melaju perlahan tanpa disadari, dan pengemudi baru menyadari saat mobil menabrak pengguna kendaraan lainnya.

Nah kali ini awak redaksi berkesempatan mencoba langsung teknologi yang dapat mencegah terjadinya tabrakan akibat kelengahan pengemudi tersebut. Kali ini lokasi uji coba di Fuji Speedway, Shizuoka, Jepang, KompasOtomotif, Selasa (30/8/2016). Dengan menggunakan Toyota Prius terbaru, disediakan objek dari pelat tipis dengan gambar bagian belakang mobil sebagai target.

Sebelum memulai intruksi menjelaskan beberapa cara dan mempraktikan terlebih dahulu proses sebagai contoh. Setelah siap pedal gas di tekan hingga melaju 20 kpj. Kira- kira smpai 50 meter mendekati objek instruktur meminta untuk melepaskan kaki dari pedal gas dan membiarkan mobil tetap berkjalan, sekitar 5 meter mendekati objek mobil langsung berhenti padahal pedal rem tidak di injak.

Langkah antisipasi dalam fitur PBA tersebut merupakan hasil kerja kamera depan dan sensor sonar yang ada di bemper. Kedua kompenen tersebut memberi info kepada sistem rem (ABS dan EBD) yang ada di Prius untuk melakukan pengereman mendadak. Namun instruktur juga memberikan pengarahan untuk diikuti aba- aba darurat.

Hal tersebut dilakukan juka mobil tidak melakukan pengereman dalam jarak sangat dekat bisa jadi karena fitur tidak berfungsi. Fitur tidak dapat berfungsi salah satu penyebabnya adalah cuaca dan kondisi jalan juga bisa menjadi penyebab. Ketika sensor ataupun kamera tidak bekerja dengan baik atau terhalang makan fitur tidak dapat bekerja dengan baik.

Kesimpulannya meskipun sudah dilengkapi dengan fitur pengereman otomatis bagi para pengemudi harus tetap hati- hati dan waspada saat berkendara. Baca juga Toyota Limo Generasi Terbaru Bakal Hadir dengan Tipe Transmisi Matik dan Toyota Sienta Resmi Diluncurkan di Malaysia

Top