Industri Otomotif Turki Mendunia

Turki diposisikan sebagai negara basis ekspor – Industri otomotif turki diprediksi akan tumbuh dengan baik , dan dianggap bisa menjadi basis produksi dan pasar potensial di dunia, Meski gejolak sosila politik yang labil terus menyelimuti mulai dari ancaman terorisme sampai kudeta potensinya tetap ada.

turki diposisikan sebagai negara basis ekspor

Seperti yang disampaikan oleh Satoshi Komiya, pakar industri otomotif dari Baston consulting Group (BCG). dari wawancara bersama dengan Nikkei, Komiya mengatakan meski Toyota dan beberapa merek Jepang lainnya beroprasi di sana namun merek Eropa dan Amerika seperti Renault, Fiat Chrysler Automobiles dan Ford Motor, juga memiliki eksistensi yang kuat.

Turki diposisikan sebagai negara basis ekspor untuk eropa karena kedekatan geografisnya. Dari 1,2 juta kendaraan yang di produksi oleh Turki pada 2015 lalu sekitar 70 persen diekspor ke Eropa dan tempat lain.

Biaya tenaga kerja lebih murah dari pada  di Eropa sehingga memperkecil biaya produksi dan kerjasama serikat pekerja dengan Uni Eropa juga menjadi salah satu keuntungan. Selain itu infastruktur pendukung industri otomotif termasuk pemasok juga berkembang. Banyak pemasok yang bergandengan tangan dengan pemain lokal.

separator

Komiya mengatakan serangan teroris yang akhir- akhir ini terjadi di Turki tentu akan berdampak negatif bagi perkembangan ekonomi dan belum jelas berapa besar pukulan yang dialami oleh industri otomotif karena hal tersebut. Namun komiya sendiri tidak percaya kalau seluruh pasar otomotif akan runtuh.

Wilayah turki sendiri sekitar 60 persen mobil baru yang dijual merupakan produk impor. Penjualan kendaraan baru Turki hampir mencapai 1 juta unit pada tahun 2015, dan diperkirakan akan terus meningkat menjadi 1,2 juta unit di tahun 2022. Jenis mobil kompak dengan mesin 1,6 liter atau dengan mesin berkapasitas silinder lebih kecil terjual sangat cepat.

Dalam jangka waktu yan panjang akan menjadi pasar yang sangat besar. Perusahaan harus membuat pilihan seberapa banyak investasi modal yang akan di keluarkan di Turki. Baca juga Fitur pengereman otomatis dan Lexus Siap Bertanding di Balap Super Grand Touring

Top