Wow! Inovasi Baru Kawasaki, Motor “Knight Rider” Bisa Komunikasi

Kawasaki Kembangkan Motor Ala Film Knight Rider – Masih ingatkah dengan mobil dalam film Knight Rider? Dalam film tersebut yang menjadi menarik adalah mobil yang bisa berkomunikasi dengan pengemudinya. Rupanya, hal tersebut telah menginspirasi pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki. Pabrikan motor sport ini berencana untuk mengembangkan teknologi yang memungkinkan motor berkomunikasi dengan ridernya. Seperti yang ada pada mobil dalam film tersebut. Seperti apa ya?

kawasaki kembangkan motor ala film knight rider

Seperti informasi yang tertulis pada Motorcycle dan dilansir dari VivaOtomotif, Selasa (30/08/2016), mengatakan bahwa Kawasaki memang tengah menggarap sebuah sistem yang mereka sebut Artificial Intelligence (AI). Sistem ini akan membuat sebuah motor dapat berkomunikasi dan beradaptasi dengan ridernya. Nantinya, motor terbaru kawasaki yang mengusung teknologi tertsebut akan menjadi sepeda motor pintar pertama yang hadir jika memang terealisasi.

Dengan kata lain, untuk konsepnya Kawasaki mengusung sistem elektronik dan komputerisasi yang akan ditanamkan pada motor Kawasaki nantinya akan membuat motor produksi mereka dapat ‘ngobrol’ dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan dari pengendara saat berada di jalanan.

Dalam keterangannya, pihak Kawasaki sendiri menyebut bahwa AI akan menggunakan sebuah teknologi yang disebut Emotion Engine untuk menginterpretasikan emosi rider. Bukan itu saja, bahkan teknologi tersebut juga memungkinkan untuk mengembangkan kepribadian sendiri.Dari konsepnya memang terlihat  begitu pintar dan mengagumkan, namun dalam proses pengembangannya hal itu tentu tidak mudah. Jadi tak heran jika prosesnya terbilang cukup lama.

Meski memang terkesan khayalan dan aneh, namun teknologi Emotion Engine sebenarnya telah dikembangkan lebih dahulu oleh perusahaan asal Jepang, bernama Cocoro SB. Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari telekomunikasi terkemuka, Softbank.

Dengan melihat teknologinya yang sudah pernah dikembangkan, rasanya ada celah bahwa rencana pengembangan ini akan bisa diwujudkan. Tinggal bagaimana para ahli meraciknya sehingga tercipta sepeda motor pintar seperti yang telah disbeut-sebut bakal meniru konsep dari Knight Rider tersebut.

Sebagai informasi, sebelumnya Softbank bersama sebuah perusahaan robot asal Prancis, Aldebaran Robotics telah menciptakan sebuah produk yang disebut Pepper. Robot ini punya keunggulan dapat membaca emosi lawan bicara dan produk ini telah di jual di Jepang dan Eropa. Baca juga Kawasaki Fasilitasi Belajar Balap dan Ini Penampakan Motor Tanpa Awak Cyclotron

Top