Wow, General Motors Persiapkan Produksi Mobil Ala Militer

Mobil Tempur Berbahan Bakar Hidrogen Bakal Diluncurkan GM – Belum lama ini, dikabarkan bahwa salah satu produsen otomotif, General Motors (GM) tengah mempersiapkan dan mengembangkan sebuah kendaraan militer bertenaga listrik. Pembuatan mobil tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan pihak Army Tank Automotive Research, Development, and Engineering Center (TARDEC) Amerika Serikat.

Mobil Tempur Berbahan Bakar Hidrogen Bakal Diluncurkan GM

Mobil militer yang merupakan hasil kolaborasi antara Chevrolet dan TARDEC ini nantinya akan segera dirancang dengan mengandalkan bahan bakar hidrogen. Hal tersebut dilakukan berdasarkan keinginan dari pihak tentara AS yang ingin memiliki sebuah teknologi fuel cell vehicle seperti pada mobil umum bisa diterapkan juga pada mobil militer. Selain itu, dengan bahan bakar hidrogen ini pun juga akan lebih ramah lingkungan ketika dikendarai di alam bebas. “Sel bahan bakar hidrogen sebagai sumber listrik memiliki potensi untuk membawa ke kekuatan kemampuan sangat berharga,” kata Direktur TARDEC Paul Rogers, seperti dikutip dari Carscoops pada Rabu (31/8/2016).

Advertisement

Selain itu, ia juga mempertegas bahwa Chevrolet Colorado Militer ini nantinya akan dirancang sebagai sumber listrik darurat ketika melakukan operasi militer. “Kami berharap kendaraan ini menjadi lebih senyap dalam operasi dan siap menyediakan pembangkit listrik untuk kebutuhan dari kendaraan. Teknologi fuel-cell technology advancing sangat ideal untuk kelangsungan hidup dalam kondisi militer digunakan ekstrem,” tambahnya.

Sementara itu, Charlie Freese selaku Executive Director of GM Global Fuel-Cell Activities mengatakan, pihaknya akan lebih fokus pada sumber tenaga dan kemampuan kendaraan, bukan pada mobil yang digunakan. “Proyek ini merupakan contoh baru, bagaimana teknologi fuel-cell bisa diaplikasi di kendaraan non-tradisional (militer),” ujarnya.

Di samping itu, perlu diketahui bahwa Mobil militer hasil kolaborasi tersebut rencanaya dibangun menggunakan platform Chevrolet Colorado. Tak hanya sebagai alat mobilitas, mobil ini juga memberi manfaat lebih seperti lebih senyap dalam oprasi militer, menjadi sumber listrik, namun juga memiliki kemampuan melibas trek offroad. Baca juga Setelah Singapura, Taksi Otonom Hadir di 3 Negara Asia dan Volvo Tengah Persiapkan Mobil Otonom.

Top