Tahun 2025 Indonesia Hadirkan 2.200 Mobil Hybrid & Listrik

Pemerintah Indonesia Segera Hadirkan Mobil Listrik dan Hybrid Pada 2025 – Sebenarnya, kehadiran kendaraan listrik di Tanah Air ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2014. Hal tersebut juga sesuai dengan pernyataan yang diungkapkan oleh Carlo Manik selaku Direktur Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. “Memang ada amanat dari Presiden melalui peraturan Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional bahwa pemerintah dan/atau pemerintah daerah sesuai kewenangannya wajib melaksanakan diversifikasi energi untuk meningkatkan konservasi sumber daya energi dan ketahanan energi nasional di pusat dan di daerah,” kata Carlo, Jumat (2/9/2016). Selain itu, ia pun juga menambahkan, PP tersebut mewajibkan Kemenhub merealisasikan peningkatkan jumlah kendaraan listrik untuk angkutan umum, serta untuk kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.

Pemerintah Indonesia Segera Hadirkan Mobil Listrik dan Hybrid Pada 2025

Selain itu, Carlo Manik juga mengungkapkan bahwa sebagai salah satu bentuk penafsirannya pada PP Nomor 79 Tahun 2014 tersebut maka Dewan Energi Nasional pun segera membuat atau menyusun program yang juga melibatkan Kementerian Perhubungan. Terkait hal tersebut maka pihak Kementerian Perhubungan mendapatkan 2 tugas, antara lain upaya dalam peningkatan kapasitas jumlah mobil listrik untuk angkutan umum menjadi 10%. Hal tersebut diklaim merupakan suatu tugas berat angkutan umum 10% dari jumlah mobil hingga 2025.

Sementara itu, untuk tugas yang kedua yaitu melakukan sejumlah pengembangan pada kendaraaan listrik (mobil listrik maupun hybrid) dengan deadline tahun 2025 harus berhasil dan harus ada dengan jumlah sebanyak 2.200 unit. Sementara itu, untuk sepeda motor harus bisa mencapai 2,1 juta unit juga di tahun 2025 mendatang. Tentunya, hal tersebut merupakan suatu tugas yang sangat berat dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, persiapan tersebut dilakukan dari sekarang.

Terlepas dari hal tersebut, dikabarkan juga bahwa beberapa produsen motor sudah berhasil memperkenalkan sepeda motor listriknya di Indonesia. Seperti Garansindo Group yang berkolaborasi dengan ITS yang telah berhasil merancang atau memproduksi skuter listrik yang bertajuk GESITS. Kemudian, PT VIAR Motor Indonesia yang juga telah memperkenalkan skuter listrik pada ajang IIMS. Bahkan, PT Astra Honda Motor (AHM) pun juga tengah bekerjasama dengan Kemenhub melakukan sebuah uji coba perilaku berkendara sepeda motor listrik.

Sementara untuk mobil, baru yang berteknologi hybrid yang dipasarkan di Tanah Air. Model yang dijual beragam mulai dari sedan hingga sport utility vehicle (SUV) seperti Toyota Camry, Toyota Alphard, Nissan X-Trail Hybrid. Baca juga Uji coba sepeda motor listrik EV Neo dan BMW Indonesia Hadirkan Hybrid i8 di GIIAS 2016.

Top