Uji Skuter Listrik Honda Terpancing Gesits

Honda persiapkan motor listrik terbaru – Setelah ramai diperbincangkan pemberitaan mengenai calon motor nasional bertenaga listrik, Gesits kali ini dikabarkan datang dari merek sepeda motor Jepang. Diboyong oleh Astra Honda Motor (AHM), skuter lisrik EV Neo diperkenalkan kepada publik. Memang kali ini AHM tidak secara langsung memperkenalkan merek motor terbarunya, tapi kali ini diperkenalkan melalui Uji Coba Prilaku Berkendara dengan Sepeda Motor Listrik, bersama dengan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia dan pihak akademisi Universitas Indonesia.

honda persiapkan motor listrik terbaru

Upaya ini membuat gelagat Honda terbaca akan melakukan penetrasi di segmen ini. Honda saat ini masih mengandalkan sepeda motor listrik EV Neo, yang sudah diluncurkan sejak 2010. Produk yang dipasarkan di Jepang memiliki jarak jelajah 34 km. Skuter listrik milik Honda ini memiliki daya maksimal 3,8 PS @5.000 spmdan torsi maksimal 2,8 kw @2000rpm. Kecepatan rata-rata EV Neo hanya 30kpj, atau setara dengan mesin bahan bakar minyak (BBM) berkapasitas silinder 50cc.

Saat ini Honda tengah mempersiapkan model terbarunya, yang akan meluncur 2018 secara global. Bukan lagi berbentuk skuter yang akan diluncurkan 2018 mendatang melainkan kendaraan roda dua listrik terbaru EV-Cub, yang akan mengadopsi desain bebek honda tahun 1970 an. Harga yang ditawarkan mencapai Rp 60 juta sampai Rp 70 jutaan.

Baca juga review lengkap Mas Sena tentang Gesits

Bagaimana dengan Gesits? Skuter listrik Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Garansindo, diklaim setara dengan sepeda motor BBM berkubikasi 124cc. Secara lebih detail Gesits memiliki daya motor 5Kw. Dibekali baterai lithium ion, Gesits dapat menempuh jarak sejauh 80 km-100 km untuk satu kali pengisian baterai. Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 – 4 jam, menggunakan colokan rumahan.

separator

Kecepatan maximum Gesits bisa mencapai 100 kpj. Calon motor nasional ini akan diproduksi lokal, dengan tingkat kandungan dalam negeri yang diperkirakan ada di angka 90 persen. Harga kemungkinan akan ada di rentang Rp 15 juta sampai Rp 20 juta. Gesit akan diproduksi pada tahun 2017 mendatang. Tunggu saja kapan Gesits benar-benar diproduksi. Baca juga Uji coba sepeda motor listrik EV Neo dan Peluang Gesits untuk di ekspor

Top