Cuma China yang Punya! BMW X1 Hybrid Hanya Butuh 1 Liter Untuk Melaju 55 Km

BMW X1 xDrive25Le iPerformance, Mobil Tangguh Hemat Energi – Baru saja dikabarkan bahwa BMW telah melakukan debut international dari produknya yang bernama BMW X1 xDrive25Le iPerformance. Compact SUV ini merupakan kendaraan bermesin plug in hybrid yang diluncurkan di ajang Chengdu Motor Show tepatnya pekan lalu. X1 ini sendiri merupakan produk compact SUV pertama BMW yang membawa mesin lengkap dengan teknologi plug in hybrid.

bmw x1 xdrive25le iperformance mobil tangguh hemat energi

Seperti kita ketahui, bahwa teknologi plug in hybrid ini merupakan teknologi ramah lingkungan. Pada compact SUV BMW X1 ini, BMW mengadopsi sistem eDrive dari jajaran keluarga model i series. Untuk model ini, diketahui BME telah menggunakannya pada model BMW i8 DAN i3.

Advertisement

Seperti yang dirangkum dari Okezone, Kamis (08/09/2016) bahwa BMW X1 xDrive25Le iPerformance ini menggunakan mesin konvensional yang menggerakkan roda bagian depan serta motor listrik untuk roda bagian belakang. Sementara itu, mesin konvensional tersebut menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan turbocharged sehingga menghasilkan kekuatan sebesar 100kW dan torsi 220 nm. Lalu, untuk motor listriknya bisa menghasilkan tenaga sebesar 70kW dengan torsi 165 nm. Tenaga tersebut lalu disalurkan menggunakan transmisi manual atau otomatis enam percepatan.

Yang membuatnya spesial, BMW X1 xDrive25Le iPerformance ini dilengkapi dengan teknologi intelligent energy management system, sehingga akan sanggup berakselerasi dari 0-100 km dalam waktu 7,4 detik. Bahkan tingkat efisiensi bahan bakar bisa mencapai 55,5 kilometer per liternya.

Apabila mobil ini melaju dengan menggunakan tenaga listrik sepenuhnya, maka tenaga yang tersimpan di dalam baterai sebesar 10,7 kWh ini akan sanggup membawa mobil untuk melaju dengan jarak sejauh 60 km. Sementara jika digerakan dengan menggunakan kombinasi mesin konvensional dan motor listrik, maka untuk bensin sebanyak 35 liter plus energi yang tersimpan di dalam baterai akan sanggup membawa mobil menempuh jarak sejauh 630 km.

Selain itu, mobil terbaru BMW ini ditawarkan dalam tiga mode pengendaraan dari segi penggunaan energi. Tiga mode tersebut bisa dipilih dengan menekan satu tombol. Untuk mode pertama, adalah mode Auto eDrive. Dengan menggunakan mode ini, maka kendaraan akan secara otomatis memilih mode penggunaan energi yang seefisien mungkin. Selain itu, dengan penggunaanmode energi listrik akan bisa dipilih jika mobil melaju dengan kecepatan 80km/jam. Namun, jika mobil melaju di atas kecepatan tersebut, makasistem secara otomatis akan menggunakan dua penggerak sekaligus yaitu dnegan motor listrik dan mesin konvensional.

Mode Max eDrive akan memungkinkan bagi kendaraan melaju sepenuhnya dengan memanfaatkan energi listrik. Kecepatan maksimumnya mencapai 120 km/jam. Sementara itu, jika digunakan di perkotaan dnegan tingkat kemacetan tinggi, maka pengguna bisa mengalihkannya ke mode Save Battery.

Sayangnya, mobil ini hanya dipasarkan untuk China saja. Baca juga Datsun GO Edisi Persib Bandung Sudah Laku 71 Unit dan Kehadiran Honda CR-V Terbaru Semakin Menguat

Top