Dampak Airbag Takata Lagi! Honda Tarik Ratusan Ribu Produknya

Kasus Airbag Takata Masih Berlanjut, Honda Recall 668 Ribu Mobilnya di Jepang – Kasus airbag produksi Takata masih berlanjut. Setelah sebelumnya beberapa produsen mobil melakukan recall besar-besaran pada produknya, kali ini kabar terbaru kembali hadir dari produsen mobil asal Jepang, Honda. Honda kembali menarik atau me-recall sebanyak 668 ribu kendaraannya yang dipasarkan  di Jepang.

kasus airbag takata masih berlanjut honda recall 668 ribu mobilnya di jepang

Hal tersebut merupakan kelanjutan dari salah satu rencana yang disampaikan Pemerintah Negeri Matahari Terbit itu pada awal tahun 2016 lalu. Kabarnya, produsen mobil terbesar nomor dua di Jepang itu mengumumkan, bahwa untuk model yang akan kena recall kali ini adalah Honda Fit (Jazz), Civic, dan Accord yang merupakan produksi antara tahun 2009 hingga 2011.

Nantinya, sama seperti yang sudah-sudah bahwa smeua mobil itu akan menjalani penggantian komponen pada airbag bagian penumpang depan. Demikian dikutip dari Reuters, dan dilansir melalui Okezone, Jumat (09/09/2016).

Advertisement

Dengan mengumumkan recall terbaru di Jepang ini, itu artinya ada penambahan jumlah total mobil Honda yang sudah dan akan ditarik kembali akibat masalah airbag Takata di seluruh dunia. Diketahui, total jumlah mobil Honda yang durecall sejauh ini sudah mencapai 51 juta unit. Jumlah tersebut rupanya sudah menembus setengah dari rencana recall ysebanyak 100 juta unit mobil Honda di seluruh dunia.

Hanya saja, memang perbaikan ini tidak bisa dilakukan secara serentak karena memang untuk ketersediaan komponen, terutama inflator cukup terbatas dan harus menunggu antrian untuk proses produksi. Hal ini tentu saja dikerenakan penggantian tersebut sangat banyak, sehingga produsen perangkat harus bekerja lebih banyak.

Seperti diektahui bahwa permasalahan pada airbag Takata ini telah menewaskan 14 orang di dunia, yaitu di Amerika Serikat dan Malaysia, serta korban dengan cedera atau luka sebanyak150 orang. Permasalahan yang terjadi adalah, airbag bisa mengembang secara berlebihan atau meledak saat mobil mengalami kecelakaan. Selain itu, ledakan dari airbag juga disertai dengan melontarnya benda logam yang dapat mengenai dada atau leher pengemudi dan penumpang depan.

Sebagai informasi, di Indonesia, recall besar-besaran melibatkan sebanyak 367 ribu mobil lebih dan dilakukan mulai 21 Maret 2016 lalu. Ada tujuh model kendaraan Honda di Indonesia yang ditarik, yakni Accord, Civic, City, CR-V, Jazz, dan Stream. Mobil yang di-recall merupakan produksi tahun 2002 hingga 2013. Baca juga 120 Ribu Unit BMW di AS Harus Ditarik Kembali  Akibat Airbag Merek Takata dan Perbaikan dan Penggantian Airbag Merek Takata Belum Beres

Top