Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Ramah Lingkungan

Mobil berbahan bakar hidrogen lebih ramah lingkungan– Pengambangan dan produksi kendaraan mobil dan motor listrik  boleh saja makin kian menjamur dikemudian hari. Namun sejatinya, dunia otomotif sudah bnyak yang melirik alternatif energi lain untuk membuat bumi semakin rendah emisi, yaitu dengan menggunakan bahan bakar hidrogen.

mobil berbahan bakar hidrogen lebih ramah lingkungan

Inilah yang ditegaskan Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, bahwa kendaraan listrik yang saat ini sedang gencar dijadikan pendokrak citra, hanyalah transisi untuk masuk ke area fuel cell. Fuel cell sendiri nantinya akan dikembangkan untuk motor. Atau seperti mobil hidrogen saat ini, tapi dengan dimensi lebih kecil. Ini bakal menjadi bahan bakar alternatif utama.

Advertisement

Memproduksi hidrogen diyakini akan lebih murah dibandingkan dengan memproduksi bahan bakar listrik. Fuel cell adalah sebuah alat elektrokimia yang mirip dengan baterai, tetapi berbeda karena dirancang untuk dapat diisi terus reaktannya yang terkonsumsi yaitu memproduksi listrik dari penyediaan bahan bakar hidrogen dan oksigen dari luar. Biaya produksi hidrogenpun dipandang lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar listrik, memindahkan listrik dari pabrik menuju konsumen harus melalui transmisi bertahap, misalnya tegangan yang awalnya 300.000 KV akan ditransfer kerumah menjadi 220 V.

Contoh mobil yang sudah menggunakan bahan bakar hidrogen adalah Toyota Mirai dan Honda Clarity. Meski tergolong mobil ramah lingkungan, Honda Clarity Fuel Cell diklaim tetap menghadirkan performa berkendara dengan kenyamanan setara mobil sedan berbahan bakar bensin. Secara dimensi, Honda Clarity memiliki panjang mencapai 4.915 mm, lebar 1.875mm dan tinggi 1.480 mm. Dengan berbekal fuel cell system kabarnya bobot total Honda Clarity mencapai 1.890 kilogram.

Fuel Cell Stack berfungsi sebagai pembangkit listrik dari Honda Clarity. Teknologi ini memungkinkan sanggup menempuh jarak yang lebih jauh, hingga lebih dari 700 km dalam sekali pengisian bahan bakar. Dengan memiliki output mesin berkekuatan lebih dari 100 kW, waktu pengisian baterai sedan ini pun juga lebih singkat, yaitu hanya 3 menit. Baca juga Hypercar Pininfarina H2 Speed Concept Diproduksi 10 Unit Dijual Seharga Rp33 M dan Honda Bakal Kenalkan Mobil Hidrogen pada Masyarakat Indonesia di GIIAS 2016

Top