Warga Jerman Mengaku Ikut Skandal VW

James Liang Akui Curang – Pemberitaan mengenai kecurangan yang dilakukan oleh industri besar otomotif nampaknya senantiasa hadir silih berganti. Menariknya, pemberitaan tak melulu dari sisi barat dan timur belahan bumi. Seakan saling menyambut satu sama lain, para pabrikan besar di dunia otomotif sedang gencar-gencarnya menghadapi masalah hukum karena kecurangannya bertahun-tahun.

Warga Jerman Mengaku Ikut Skandal Vw

Salah satu pabrikan tersebut adalah VW. Skandal Diesel Gate memang terkenal keluar dari tangan VW. Skandal ini pada pokoknya berusaha mengelabui semua pihak dengan berubahnya data hasil uji emisi laboratorium dengan emisi yang secara nyata dikeluarkan oleh beberapa jajaran produk VW, utamanya pada produk diesel.

Setelah beberapa lama tak ada kabarnya, bukan berarti masalah tersebut selesai. Pasalnya, VW sedang mengalami tuntutan hukum di berbagai bidang. Setelah sebelumnya pasrah ditagih dana sebesar 16,5 miliar dollar AS atau Rp 218,3 triliun, untuk mengatasi masalah lingkungan, bukan berarti VW dapat dengan bebas melenggang dengan uang tersebut. Pasalnya, uang itu hanya mampu menutupi satu sisi kesalahannya saja pada lingkungan, bukan pada aspek curang yang belum dipertanggungjawabkan.

Setelah menjalani investigasi mendalam, satu persatu pejabat VW kena panggil otoritas setempat. Salah satu pejabat VW adalah James Liang. Ia adalah warga Jerman berusia 62 tahun yang tinggal di Newbury Park, California. Secara kewenangan dirinya sudah bekerja di VW sejak tahun 1983, dan merupakan bagian dari tim engineering yang ikut mengembangkan mesin diesel yang menjadi pokok pembicaraan saat ini.

Mengetahui dirinya tak mungkin lolos, Liang sendiri akhirnya mengakui perbuatannya. Hal ini diketahui melalui kedatanggannya ke Pengadilan Negeri Amerika di Detroit, pada  Jumat (9/9/2016) sebagaimana dilansir dari Kompas (13/9/2016). Ia kemudian menandatangani plea agreement yang merupakan surat pengakuan kesalahan yang berlaku pada negara setempat. Surat ini juga mencakup kesediannya untuk mau bekerjasama dengan pemerintah dalam penyelidikan lebih dalam terhadap skandal ini.

Sebagai hadiah dari pengakuannya, Liang bakal dihukum 5 tahun berdasarkan hukum yang berlaku. Namun, karena kooperasinya, bisa jadi Liang akan mendapatkan keringanan. Namun yang jelas, Liang akan tetap dihukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Baca juga VW Segera Rilis SUV Teramont dan Masalah Paten, VW Kena Gugat Puluhan Juta Euro.

Top