Ini Alasan Seat-Belt Sigra Hanya 2 Titik

Calya-Sigra, Serupa Tapi Tak Sama – Duet Daihatsu Toyota memang tak pernah ada abis-habisnya. Setelah sebelumnya berhasil menjulang dengan konsep Agya-Alya, munculnya varian Calya dan Sigra menjadi sensasi baru bagi penggemar mobil murah berkualitas di tanah air. Pasalnya, memang baik Calya maaupun Sigra masuk dalam kategori mobil murah yang bahkan untuk Calya bisa dimasuki secara default untuk 7 penumpang.

Ini Alasan Seat Belt Sigra Hanya 2 Titik

Hadirnya duet Calya-Sigra tersebut bahkan bisa dibilang mengagetkan. Pasalnya, dengan spesifikasi yang terlihat lebih sangar dengan harga lebih miring, kedua varian tersebut terlihat berkilauan di antara para pesaingnya. Sayangnya, walaupun dibilang saudara kembar lantaran lahir dengan konsep, tangan, dan pabrik yang sama, kedua varian tersebut memiliki perbedaan yang cukup menarik untuk diamati.

Advertisement

Dilansir dari Kompas (14/9/2016), diketahuio bahwa Sigra hanya memiliki 2 titik sabuk keselamatan yang berbeda dengan Calya yang memiliki 3 titik. Hal ini cenderung aneh karena baik Calya maupun Sigra hidup dari tangan yang sama yakni Daihatsu. Sehingga apabila mau ada diskriminasi diantara dua varian tersebut, seharusnya Sigra mendapatkan porsi yang lebih baik ketimbang Calya.

Menanggapi hal tersebut, pejabat Daihatsu menjelaskan bahwa pada prinsipnya konsep Sigra juga disesuaikan untuk diekspor pada beberapa waktu yang akan datang. Rencana ini bisa dikatakan merupakan inisiatif dari Toyota yang nampaknya memang memiliki andil lebih banyak dalam pembuatan  proyek duet tersebut.

Selain itu, masih dilansir dari sumber yang sama, Daihatsu telha mengkaji bahwa kebiasaan menggunakan sabuk pengaman pada row kedua dan ketiga di Indonesia belum terlalu populer. Sedangkan untuk seat pertama memang menjadi kewajiban lantaran dari regulasi otoritas setempat memang mewajibkan demikian.

Namun, untuk ke depannya Daihatsu juga terus akan mendengar perubahan kebiasaan tersebut di masyarakat Indonesia. Apabila nanti ditemukan permintaan atas safety-belt tersebut, maka Daihatsu akan sigap menanggapi permintaan tersebut. Walaupun demikian sangat disayangkan apabila alasan penghilangan safety-belt lebih diarahkan pada kebutuhan subjektif pengguna Sigra ketimbang pertimbangan keselamatan penumpang yang lebih baik pada produk yang dibuatnya. Baca juga Calya dan Sigra laris manis dan Kurang Dari Sebulan Pemesanan Sigra-Calya Capai Angka 5.000-8.000 SPK.

Top