Wow! Belum Lama Hadir, Calya Langsung Kuasai Pangsa Mobil Murah

Di Awal Kemunculannya, Toyota Calya Langsung Kuasai Segmen LCGC – Belum lama resmi meluncur, produk kolaborasi antara Daihatsu-Toyota di segmen mobil murah, Toyota Calya memang langsung diminati banyak konsumen. Hal ini, nampaknya menjadi menarik bagi konsumen karena selama ini model mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) merupakan produk yang termasuk memiliki pangsa besar di Tanah Air.

di awal kemunculannya toyota calya langsung kuasai segmen lcgc

Mobil murah berkapasitas tujuh orang penumpang tersebut langsung diserbu pemburu mobil murah di Indonesia pada Agustus 2016 lalu, tepatnya setelah hadir di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Bahkan, angka penjualannya juga berhasil meninggalkan saudara kembarnya, Astra-Daihatsu Sigra.

Berdasarkan informasi yang dirangkum melalui KompasOtomotif, Rabu (14/09/2016) dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dilaporkan bahwa Calya laku keras dengan angka penjualan sebanyak 9.241 unit di bulan lalu. Jika ditambah dengan angka penjualan di bulan Juli lalu sebanyak 3.003 unit, berarti dalam dua bulan mobil ini sudah dipesan sebanyak 12.244 unit. Wow! mengagumkan, bukan?

Tak kalah dengan Calya, sebetulnya saudara kembarnya, Sigra, juga cukup berlalri kencang untuk mencatat penjualan yang mengagumkan. Dalam dua bulan sebelumnya, yaitu (Juli-Agustus 2016), mobil ini sudah dikirim sebanyak 7.748 unit ke berbagai diler Daihatsu di Indonesia. Jumlah tersebut masing-masing adalah sebanyak 2.014 unit pada Juli dan 5.734 pada bulan Agustus lalu.

Nampaknya, kerja sama antara Daihatsu dan Totoya kali ini akan menyusul kesuksesan dari produk LCGC sebelumnya yaitu Agya dan Ayla. Calya dan Sigra sendiri diklaim berpotensi untuk menjadi penguasa LCGC sepenuhnya hingga akhir tahun jika performa penjualannya terus bertahan di level ini.

Jika diperhatikan, saatini satu-satunya penantang di segmen LCGC yang menunjukkan agresivitas adalah Honda Brio Satya. PT Honda Prospect Motor diketahui baru saja mengganti wajah dan interior mobil ini menjadi makin ekslusif. Alhasil, bulan lalu, Satya mampu mengungguli Sigra dengan penjualan 5.812 unit.

Rasanya, Calya-Sigra bukan saja menjadi penantang tangguh bagi produk kompetitor, bahkan Agya-Ayla, rupanya juga terkena dampak Calya-Sigra. Model ini bertahan di level 2.100-2.800 unit bulan lalu, dibandingkan dengan rata-rata bulan sebelumnya yang mencapai 4.000-5.000-an unit. Baca juga 1.000 Unit Toyota Calya Diborong Warga Jakarta Melalui Auto2000 dan Unit Toyota Buatan Daihatsu

Top