Target Penjualan Toyota Calya Ditingkatkan, Sigra Apa Kabar?

Toyota Tingkatkan Penjualan Calya – Dengan mengetahui tingginya pesanan untuk Toyota Calya sejak diluncurkan pada Agustus 2016 lalu, secara tidak langsung mendorong PT Toyota Astra Motor (TAM) yang merupakan agen pemegang merk Toyota di Indonesia, langsung menetapkan target penjualan yang tinggi untuk produk mobil LCGC jenis MPV tersebut. Dikabarkan bahwa peningkatan target penjualan tersebut akan segera dimulai pada Oktober 2016 mendatang.

Toyota Tingkatkan Penjualan Calya

Rencana tersebut diungkapkan Anton Jimmy selaku executive general manager PT TAM. Ia mengatakan, penjualan Calya akan ditingkatkan menjadi 9 ribu – 10 ribu unit per bulan. “Antusias yang cukup besar dari jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) secara nasional yang mencapai 21.700 unit, menandakan Toyota Calya diminati banyak konsumen di Indonesia,” ungkap Anton, kemarin.

Sejak diluncurkan, Toyota menargetkan penjualan Calya 8 ribu unit per bulan. Angka tersebut kini telah tercapai dan bahkan cenderung tumbuh. Setelah target penjualan ditingkatkan, pihaknya bersama PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan menambah kapasitas produksi.

Advertisement

Namun, di sisi lain jika angka target ditingkatkan, maka Calya semakin meninggalkan saudara kembarnya, Sigra. Pasalnya, sejauh ini PT Astra Daihatsu Motor masih mematok target produksi dan penjualan 3 ribu unit Sigra per bulan. Padahal, permintaan terhadap Sigra sebenarnya juga tumbuh sebagaimana Calya.

Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya terus mengevaluasi perkembangan permintaan Sigra dari konsumen. Menurut dia, berdasarkan trennya, enam bulan pertama sejak peluncuran merupakan masa euforia di mana permintaan akan terus tinggi. Sesudah enam bulan, demand akan kembali stabil. Selain itu, ia juga mempertegas bahwa jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) akan menjadi salah satu indikator penting ditingkatkan atau tidaknya produksi.

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa Daihatsu Sigra dan Toyota Calya merupakan mobil LCGC MPV yang diproduksi di pabrik Daihatsu di Karawang Plant, Jawa Barat. Di lokasi yang sama juga diproduksi mobil kembar Xenia-Avanza dan Ayla-Agya. Baca juga Pemesan Toyota Calya Harus Inden 2 Bulan dan Jumlah Angka Pesanan Toyota Calya di Jateng dan DIY Juga Mengagumkan.

Top