Perang Yamaha V-ixion dan Honda CB150R Streetfire Makin Seru

Yamaha V-ixion Masih Ungguli Honda CB150R Streetfire – Segmen pada sepeda motor sport sampai saat ini masih terus berkembang dengan pesatnya. Ada 2 motor pada segmen ini yaitu dari pihak T Astra Honda Motor (AHM) dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Keduanya memproduksi model motor yang sampai saat ini masih menjadi sorotan publik, yaitu Honda CB150R Streetfire dengan Yamaha V-ixion.

Yamaha V-ixion Masih Ungguli Honda CB150R Streetfire

Saling kejar pada model-model tertentu menunjukkan persaingan di segmen ‘motor laki’ ini semakin seru. Pada bulan-bulan tertentu di 2016, Honda CB150R Streetfire mendominasi, namun kembali disalip oleh Yamaha V-ixion. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AIS) yang diolah oleh kedua produsen sepeda motor tersebut, Yamaha V-ixion terjual sebanyak 11.591 unit pada Agustus 2016. Sementara Honda CB150R Streetfire terjual sebanyak 7.082 unit. Hal tersebut tentunya menjadikan Yamaha sedikit berbangga diri bisa mengungguli motor besutan Honda tersebut.

Sementara itu, jika ditotal, selama Januari – Agustus, penjualan V-ixion mencapai 107.737 unit, lebih tinggi dari kompetitornya. Salah satu faktor yang menyebabkan penjualannya naik adalah peluncuran warna baru yakni bernuansa merah putih, abu-abu nuansa emas, merah terang, dan hitam. Namun di segmen motor sport secara keseluruhan selama Agustus 2016, AHM masih mendominasi dengan total penjualan 19.648 unit atau menguasai 44,2 persen pangsa pasar. Kontribusi terbesar bukan datang dari CB150R Streetfire, melainkan dari CBR series yang mencapai 8.856 unit. Honda Verza menyumbang 3.554 unit. Sisanya disumbang Mega Pro dan big bike. Baca juga KPPU Masih Terus Selidiki Praktik Kartel Yamaha-Honda dan AHM Telah Siapkan Amunisi Untuk Hadiri Persidangan.

Top