Civic Ungguli Altis, Dominasi Pasar Mobil Masih Milik Honda

Honda Civic Lebih Laris Dari Altis – Sudah kita ketahui bahwa sampai sekarang ini dominasi pasar untuk mobil sedan medium di Tanah Air masih saja didominasi oleh 2 produsen asal Jepang dengan produknya yang begitu memikat hati para calon pembeli, yaitu Honda Civic dan Toyota Altis.

Honda Civic Lebih Laris Dari Altis

Berkaitan dengan itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menjabat Agen Pemegang Merk (APM) mobil Honda di Indonesia saat ini telah berhasil melakukan pembukuan dan mencatat bahwa penjualan untuk Honda Civic telah mencatat angka sebesar 842 unit selama periode Januari-Aggustus 2016. Dengan jumlah itu, Civic mengungguli rivalnya, Toyota Altis, dengan perolehan pangsa pasar sebesar 53 persen. Sementara Toyota Altis terjual sebanyak 749 unit. Demikian data yang diperoleh dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Advertisement

Salah satu penyebab Civic bisa mendominasi pasar sedan medium yaitu diluncurkannya model terbaru yang sudah menggunakan mesin turbo pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada April 2016. Kemudian pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus lalu Honda meluncurkan Civic Turbo Prestige. Sementara Altis masih mempertahankan model yang lama. Selain itu, berdasarkan informasi yang didapat, penjualan untuk tipe Honda Civic tertinggi di tahun 2016 ini terjadi pada Agustus dengan total penjualan hingga 339 unit. Bila dirinci, 181 unit berasal dari Civic Turbo standar sedangkan 152 unit dari Civic Turbo Prestige. Sementara Toyota Altis meraih penjualan tertinggi pada Februari 2016 dengan total penjualan sebanyak 190 unit, sembilan unit di antaranya datang dari tipe G dan sisanya berasal dari tipe V yaitu 181 unit.

Berbicara masalah harga, perlu diketahui bahwa Honda Civic turbo dibanderol Rp475,5 juta sedangkan Civic Turbo Prestige seharga Rp 478,5 juta (on the road Jabodetabek). Keduanya dibekali mesin 1,5 liter VTEC turbo dengan teknologi Earth Dreams. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maskimal 173 ps pada 5.500 rpm dan torsi 22,4 kg.m pada 1.700- 5.500 rpm. Civic Turbo Prestige hanya berbeda pada bagian eskteriornya saja. Honda menambahkan aero kits pada spoiler depan, spoiler samping, spoiler belakang, dan spoiler bawah.

Sementara itu, di sisi lain PT Toyota Astra Motor (TAM) sendiri telah memasarkan Altis tipe G seharga Rp408,6 juta dan tipe V Rp 444,1 juta. Kedua tipe itu dipersenjatai mesin 2ZR-FE, 4 silinder, 16 Valve DOHC,  Dual VVT-i berkapasitas 1.798 cc. Tenaga yang dihasilkan adalah 151 ps dengan torsi 19,4 kg.m. Baca juga Toyota dan Honda Hadirkan Mobil Hidrogen di GIIAS dan Toyota dan Honda Diprediksi Hadapi Masa Depan Suram di Inggris.

Top