Dampak Onderdil Palsu di Tiongkok , Indonesia Berpeluang Ekspansi

Dampak onderdil palsu Indonesia peluang ekspansi – Saat ini Tiongkok tengah berkembang menjadi pasar otomotif dengan tingkat kemajuan yang sangat pesat. Produksi sektor otomotif meningkat dengan kecepatan yang tidak masuk akal untuk memenuhi kebutuhan pemesanan yang membludak. Para investor pun berlomba-lomba untuk menanamkan modalnya kepada pabrik mobil dari Tiongkok dengan iming-iming keuntungan yang berlipat ganda. Perpaduan antar adanya investor , pabrik-pabrik produksi serta tenaga kerja yang melimpah menjadi pondasi kekuatan pasar otomotif Tiongkok yang sekarang menjadi barometer pasar dunia.

dampak onderdil palsu tiongkok indonesia ekspansi

Tetapi dibalik gemerlapnya bisnis otomotif Tiongkok yang sekarang sedang berada di puncak telah tersiar kabar yang kurang mengenakkan dari Ipsos Bussiness Consulting yaitu sebuah lembaga yang menjadi pelopor dalam konsultasi bisnis yang dalam rujukan risetnya selalu berdasarkan fakta yang diambil di lapangan telah mengeluarkan sebuah hasil riset baru yang menyorot tingginya para pemalsu komponen otomotif. Para pemalsu komponen otomotif ini menjual dengan kualitas yang mirip dengan aslinya namun dengan bandrol harga yang jauh lebih murah.

Berdasarkan riset Ipsos Business Consulting yang berjüdul “ Trend Industri Manufaktur Onderdil Otomotif China” melaporkan bahwa para penggiat produksi onderdil otomotif harus segera menambahkan proteksi terhadap Kekayaan Intelektual (KI ) yang berfungsi untuk mengurangi ancaman dari para pemalsu onderdil otomotif yang diprediksi akan meningkat tajam dalam jangka waktu 5 tahun berselang.

Sedangkan menurut penuturan Kepala Konsultasi Hong Kong Ipsos Bussines Consulting Markus Scherer menyebutkan alasan utama dibalik mengapa mereka harus bergerak cepat untuk segera mengembangkan dan juga mengimplementasikan metode praktek terbaik utuk memproteksi KI yang berguna untuk menangkal ancaman dari para pemalsu onderdil otomotif.

Sementara itu justru di menurut Country Manager  Ipsos Domy Halim justru menyatakan bahwa gejolak ini adalah kesempatan bagi para produsen otomotif Indonesia untuk unjuk produk mereka di pasar otomotif internasional.

Produsen onderdil otomotif Indonesia harus dapat memanfaatkan momentum terjadinya gejolak pasar akibat banyaknya onderdil otomotif palsu Tiongkok dengan cara segera memasok pasar otomotif internasional dengan produk-produk Indonesia yang berkualitas. Kemampuan produksi otomotif Indonesia dengan kualitas yang tinggi dan dengan harga yang bersaing akan menjadi nilai plus tersendiri dalam persaingan pasar otomotif internasional.

Top