Renault Kwid & Honda Mobilio Lakukan Uji Tabrak, Hasilnya Mengecewakan

Hasil Uji Tabrak Renault Kwid dan Honda Mobilio Tak Maksimal – Hasil tes uji tes kecelakaan kembali diumumkan oleh lembaga uji tabrak Global NCAP yang bermarkas di Inggris. Lembaga tersebut secara resmi memberikan konfirmasi terkait hasil uji tabrak dari MPV Honda Mobilio dan Renault Kwid. Berdasarkan informasi yang didapatkan, kedua mobil tersebut diuji untuk tipe terendah dan sama-sama diproduksi di India.

Hasil Uji Tabrak Renault Kwid dan Honda Mobilio Tak Maksimal

Uji tabrak untuk sesi kali ini, diberitakan bahwa Global NCAP hanya akan menilai hasilnya berdasarkan 2 kaegori saja, yaitu perlindungan penumpang dewasa (adult occupant protection/AOP) dan perlindungan penumpang anak-anak (child occupant protection/COP). Akan tetapi, setelah dilakukan uji tabrak hasilnya sangat mengecewakan.

Advertisement

Jika didasarkan atas laporan yang dilansir dari Paultan, sebenarnya Renault untuk tipe bawah ini sebelumnya sudah pernah melakukan uji tabrak yang diselnggarakan pada bulan Mei 2016. Saat uji tabrak pertama tersebut, mobil belum dilengkapi dengan fitur airbag sehingga pihak penguji, Global NCAP memberikan nilai nol bintang untuk AOP dan 2 bintang untuk COP. Lalu, setelah uji tersebut dilakukan, Renault akhirnya melengkapi mobil MPV tersebut dengan pembaruan pada penambahan airbag dan seatbelth pretensioner untuk jok pengemudinya. Lalu, ketika diuji kembali, hasilnya ada perkembangan. Untuk perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak Kwid hanya meraih satu bintang dari maksimal lima bintang.

Baca juga review lengkap Mas Sena tentang Renault Kwid

Sementara itu, Honda Mobilio untuk tipe standar hanya mendapaykan nilai nol bintang untuk perlindungan penumpang dewasa dan bintang 1 untuk perlindungan penumpang anak-anak. Hal tersebut disebabkan pada kurang maksimalnya fitur keselamatan, termasuk airbag yang saat itu belum disematkan pada mobil garapan Honda tersebut. Selain itu, Global NCAP senidir juga melakukan uji tabrak terhadap Mobilio yang sudah dilengkapi dengan 2 airbag. Hasilnya, tak terlalu mengecewakan dengan meraih 3 bintang untuk AOP dan 2 bintang untuk COP.

Terkati hal tersebut, David Ward selaku Sekretaris Jendral Global NCAP mengungkapkan bahwa dilihat dari hasil uji tabrak, Renault mengalami perkembangan. Ia juga mengatakan bahwa pihak Renault harus menawarkan 1 bintang untuk tipe standar bukan pilihan. Sementara itu, ia juga mengungkapkan bahwa untuk Hona Mobilio sendiri sudah menunuukan kemajuan yang cukup baik mengingat dengan penambahan 2 airbag, mereka akhirnya mendapatkan nilai bintang 3.

Top