Akibat Skandal Emisi, VW Ditimpa Ribuan Tuntutan Hukum

Buntut Kecurangan Emisi VW Tak Kunjung Selesai – Setelah hampir setahun, rupanya permasalahan yang menjerat Volkaswagen terkait skandal emisi sejak September 2015 lalu rupanya masih belum terselesaikan. Bahkan, setelah menanggung kerugian yang cukup besar, kini VW juga ditimpa ribuan tuntutan hukum.

buntut kecurangan emisi vw tak kunjung selesai

Berbagai macam tuntutan hukum tersebut telah mengisyaratkan bahwa dampak dari permasalahan tersebut bukan semakin terselesaikan malah semakin buruk. Setelah sebelumnya VW harus membeli kembali seluruh model mobil yang terdampak kecurangan, perusahaan asal Jerman ini juga harus membayar denda terkait pencemaran lingkungan di Amerika.

Advertisement

Rupanya, semua hal yang telah dilakukan VW hingga habis-habisan itu masih belum cukup. Kabarnya, kali ini di kampung halamannya sendiri, Jerman, VW Group dituntut untuk membayar ganti rugi oleh para investor sebesar 8,2 miliar euro atau Rp 120,3 triliun. Informasi ini disampaikan langsung oleh pihak pengadilan Jerman, di wilayah hukum di mana mobil itu diproduksi, menurut laporan Reuters yang dirangkum dari KompasOtomotif, Kamis (22/09/2016).

Bahkan, hingga sejauh ini dikatakan setidaknya sudah ada 1.400 tuntutan hukum yang telah diajukan di pengadilan regional di Brunswick, dekat markas Volkswagen di Wolfsburg. Pihak pengadilan Brunswick mengatakan seperti yang dilansir dari sumber yang sama bahwa dari angka tersebut ada sebanyak 750 tuntutan hukum terkumpul hanya dalam waktu satu hari.

Hal ini tak dapat dimungkiri membuat perusahaan kelimpungan. Pasalnya, tuntutan tersebut harus secepatnya diselesaikan. Jika melihat kerugian yang harus ditanggung VW, rasanya memang wajar semua investor memberi tuntutan karena perekonomian perusahaan yang menjadi sangat krisis.

Para investor yang mengajukan tuntutan tersebut marah, hal tersebut disebabkan karena harga saham mengalami penurunan sebesar 35 persen dalam dua hari perdagangan, penurunan tersebut langsung saja terjadi setelah pihak regulator AS mengungkap kecurangan yang dilakukan Volkswagen tahun lalu.

Sejauh ini masih belum diketahui langkah apa yang diambil oleh perusahaan. Pasalnya, jika harus mengeluarkan dana besar lagi nampaknya perusahaan akan kesulitan. Pasalnya, di Amerika, VW baru saja setuju untuk membayar 16,5 miliar dolar Amerika atau Rp 216,6 triliun, untuk menyelesaikan tuntutan oleh beberapa pihak berwenang Amerika dan pemilik mobil.

Top