BMW Recall R nine T, Gara-gara Lampu Sein

BMW model R nine T mengalami recall – Berbicara mengenai BMW memang tak pernah ada habisnya, karena disamping terkenal akan produk mobil-mobilnya yang mewah dan mentereng BMW juga dikenal dengan salah satu produsen sepeda motor terbaik dunia dengan menghasilkan produk-produk motor yang berkualitas yang disertai dengan harga motor BMW yang terbilang mahal. Namun untuk mahal atau tidaknya sebuah motor sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas motor tersebut. BMW sendiri telah banyak menciptakan sepeda motor yang berkualitas dengan desain serta perfoma motor yang tangguh dan juga handal.

bmw model rnine t mengalami recall

Produsen sepeda motor asal Jerman, BMW Motorrad, harus melakukan kampanye perbaikan massal (recall) pada ribuan scrambler R nine T, di wilayah Amerika Utara. Penarikan ini terkait dengan kondisi lampu sein belakang yang cahayanya kurang jelas terlihat oleh pengemudi di belakangnya. Informasi penarikan ini diumumkan oleh lembaga keselamatan berkendara Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dalam situs online miliknya. Pelaporan terkait keluhan ini sudah diajukan sejak Februari 2015 lalu.

Model R nine T yang akan mengalami “recall” yaitu yang diproduksi mulai 27 November 2013 sampai 26 Januari 2015, atau model year 2014 dan 2015. Total kendaraan yang kemungkinan akan ditarik mencapai 1.792 unit. Di dalam pegumuman recall, NHTSA menyebutkan, lampu sein atau lampu tanda berbelok pada bagian belakang sepeda motor, memiliki desain yang membuatnya sulit untuk bisa diketahui atau dilihat jelas oleh pengemudi dibelakangnya. Sehingga akan beresiko menjadi penyebab kecelakaan.

Dengan demikian, sepeda motor ini dikatakan gagal untuk memenuhi persyaratan dari Federal Motor Vehicle Safety Standard nomor 108 mengenai “Lamps, Reflective Devices, and Associated Equipment”. NHTSA juga mendorong BMW Motorrad untuk meneruskan informasi ini kepada pemilik R nine T, dan mulai melakukan perbaikan pada 21 Oktober 2016. Model sepeda motor ini sudah dipasarkan di Indonesia, di mana harganya Rp 620 juta (off the road).

Top