Harga Hyundai Sonata, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Hyundai Sonata dan Spesifikasi – Hyundai dikabarkan kembali akan segera mendobrak pasar otomotif dalam segmen kendaraan roda 4 dengan meluncurkan produk barunya. Setelah diketahui akan segera memasarkan Hyundai Grand i10 yang merupakan city car andalannya, kini pabrikan asal Korea Selatan itu diberitakan akan segera meluncurkan juga sebuah mobil sedan yang cukup melegenda, yaitu Hyundai Sonata. Mobil ini berada pada kelas eksklusif sehingga hanya dapat dimiliki oleh kalangan menengah ke atas saja. Sebuah mobil hasil produksi brand Hyundai ini tentu saja memikat perhatian banyak orang dan untuk mendapatkannya pun diperlukan banyak uang. Tingginya harga jual mobil jenis Hyundai sonata tidak menjadikan jumlah pembelinya berkurang. Justru, mobil Hyundai sonata sengaja dirancang dalam bentuk body mewah untuk menarik para calon pembeli. Selain itu, sedan mewah besutan Hyundai ini mampu menampung 5 orang yang sudah termasuk pengemudinya. Di sisi lain, meskipun dikabarkan baru menjadi sedan terlaris di Negara asalnya tetapi banyak para pengamat otomotif yang memprediksi bahwa Hyundai Sonata ini pun juga akan laris di pasar otomotif Tanah Air.

Hyundai Sonata

Hyundai Sonata

Seperti yang diutarakan sebelumnya bahwa baik interior atau pun eksterior yang dibawa Hyundai Sonata ini benar-benar dihadirkan Hyundai dengan sangat elegan dan modern. Hal itu tampak pada desainnya yang menawan Hyundai Sonata juga terkenal irit dan sangat cocok untuk daerah perkotaan. Pada bodi depan, samping, hingga belakang benar-benar dirancang dengan beberapa lekukan yang begitu smooth memanjang hingga ke belakang sehingga aura kemewahan begitu terpancar kuat. Hal ini juga ditopang dengan penggunaan mesin berkapasitas 2.359 cc pada Hyundai Sonata ini yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 178 ps/6000 rpm. Sedangkan untuk torsi yang dihasilkan mencapai 23.3 Nm/4000 rpm. Tak sampai di situ saja, mobil sedan yang begitu mewah ini pun dikabarkan akan dibekali dengan beragam fitur berteknologi canggih guna menunjang keselamatan dan kenyamanan para penumpangnya. Bahkan, Hyundai Sonata ini pun bisa disejajarkan dengan para pesaingnya yang merupakan produk pabrikan Jepang, seperti Honda Civic, Honda Accord dan Toyota Altis sehingga tak mengherankan jika mobil ini memang bakal menarik perhatian konsumen dan tak menutup kemungkinan laku di pasaran. Mengingat Hyundai Sonata ini bakal hadir dengan spesifikasi yang mumpuni, kali ini Mas Sena akan memberikan informasi terkait spesifikasi dan harga Hyundai Sonata secara lengkap dan lebih terperinci.

Mobil Hyundai Sonata

Review Hyundai Sonata

Eksterior

Mobil Sedan dengan Desain Elegan dan Bergaya Modern

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa memang spesifikasi Hyundai Sonata ini akan hadir dengan desain yang elegan dan mewah. Hal tersebut tampak jelas dari sektor eksteriornya di mana pada bagian depan, kawan Mas Sena akan menjumpai tampilan dengan gaya desain yang sangat premium. Hal tersebut terlihat pada bagian depan mobil yang mengusung konsep front grill dengan balutan chrome mewah. Bahkan, tak lupa juga logo Hyundai tepat terpasang dengan manisnya pada bagian tengah grill dan dibalut dengan lapisan chrome yang sangat cocok dengan sensai yang dihadirkan oleh Hyundai Sonata ini. Kemudian, beralih pada sosok headlamp yang berbalut lapisan chrome yang cantik dengan lampu DRL yang tajam. Lalu, pada fog lamp akan dijumpai foglamp dengan bentuk cukup aneh namun unik dan jarang digunakan oleh pabrikan lain dengan tambahan chrome pada bagian atasnya. Kemudian, menginjak pada bagian samping, akan terlihat spion yang dapat dilipat secara otomatis yang disertai dengan lampu sein yang tepat terpasang di spion. Selain itu, bodi samping Hyundai Sonata inipun terlihat manis berkat lekukan bodi yang dibuat sangat halus memberikan kesan yang begitu mewah dan elegan. Menginjak di bodi belakang, tampak juga lampu belakang yang terpasang tajam berdekatan dengan lampu sein belakang. Tak ketinggalan juga logo Hyundai pun juga tampak terpasang sentris di bagian atas sehingga memperkuat kesan mewahnya. Dengan demikian, tak dapat dipungkiri dan jelas bahwa spesifikasi Hyundai Sonata ini memang memiliki sektor eksterior yang dirancang begitu mewah nan cantik.

Spesifikasi Hyundai Sonata

Interior

Ruang Kabin Lega dengan Gaya Interior yang Stylish dan Dinamis

Setelah kita membahas pada sektor eksterior dari spesifikasi Hyundai Sonata, kini Mas Sena akan menilik pada sektor interior dari spesifikasi Hyundai Sonata. Pada sektor interior atau ruang kabin mobil sedan ini, memiliki gaya desain yang tak kalah menarik dari sektor eksteriornya. Pasalnya, di bagian interior ini selain memiliki ruang kabin yang terbilang cukup longgar, sektor interior dari Hyundai Sonata ini bakal dihadirkan tampilan dengan mengusung konsep X-concept yang mengombinasikan gaya Thrilling Sort of Agility with Individual Style yang akan memberikan aura kenyamanan ketika memasuki ruang kabinnya. Selain itu, pada bagian dashboardnya pun akan dilengkapi dengan fitur hiburan berupa Audio visual yang terdiri dari layar LCD, radio, soket USB, dan MP3 music player yang terpasang tepat di tengahnya. Tak ketinggalan juga steer kendali Hyundai Sonata juga akan terpasang dengan balutan kulit khas Hyundai dan terdapat pula logo Hyundai terpasang di tengah-tengah steer. Bahkan, untuk menunjang kenyamanan saat duduk, Hyundai Sonata pada bidang interiornya ini mengandalkan jok berjumlah 5 kursi yang berkualitas tinggi dari bahan Lumber Sport yang akan membuat pengemudi atau pengendaranya merasa nyaman. Alhasil, terlihat seluruh hal tersebut merupakan spesifikasi Hyundai Sonata yang sangat diunggulkan.

Spesifikasi Mobil Hyundai Sonata

Dimensi

Dimensi Luas Dilengkapi Suspensi Kokoh

separator

Selain memiliki desain eksterior dan interior yang kokoh, spesifikasi Hyundai Sonata ini pun juga bakal mengusung dimensi yang luas dan didukung dengan suspensi yang kokoh. Hal tersebut terlihat dari ukuran dimensinya dengan panjang 3.940 mm, lebarnya 1.710 mm, dengan tinggi 1.691 mm dan memiliki jarak poros roda mencapai 2.570 mm sehingga wajar saja jika ruang kabinnya tampak lebih luas. Selain itu, Hyundai Sonata ini memiliki ukuran ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 785 mm sehingga pengemudi jangan khawatir jika mobil ini melewati jalan bergeronjal. Bahkan, mobil sedan garapan Hyundai ini pun juga bakal dibekali dengan suspensi tipe McPherson Strut untuk bagian depan dan Multi Link untuk suspensi bagian belakang. Selain itu, Hyundai Sonata ini juga bakal dipersenjatai juga dengan Shock Absorber tipe Amplitudo Selective Damper (ASD) yang memiliki kemampuan untuk meredam setiap goncangan ketika melewati medan jalan yang penuh bebatuan atau bergeronjal. Di sisi lain, untuk menunjang kenyamanan dalam mengemudikan sedan ini maka Hyundai mengandalkan ban berukuran 215/60 R17 dengan jenis ban radial sehingga laju dari sedan ini akan semakin lancar. Di samping itu, jika dilihat dari segi pengereman sendiri Hyundai Sonata sudah menggunakan pengereman jenis ABS dan untuk pengereman hyundai menyematkan Ventilated Disc pada model pengereman depan dan juga pada pengereman belakang guna mengendalikan laju sedan ini yang begitu kencang. Lewat spesifikasi Hyundai Sonata tersebut, nampak Hyundai tak main-main dengan nada dari Sonata ini.

Review Hyundai Sonata

Mesin

Performa Gahar dan Powerfull Berkat Mesin Theta II 2.4 MPI

Selanjutnya, pada sesi ini Mas Sena akan menilik lebih dalam terkait mesin pacu yang akan diandalkan pada spesifikasi Hyundai Sonata. Oke, langsung saja, untuk memberikan daya dorong yang gahar, Hyundai bakal menyematkan sedan andalannya ini dengan tipe mesin Theta II 2.4 MPI yang memiliki kapasitas 1.999 cc dan memiliki rasio kompresi 10,3. Dengan mesin tersebut, tentunya laju dari Hyundai Sonata ini akan melesat dengan cepat. Sebab, mesin tersebut diklaim akan mampu menyemburkan tenaga mencapai 154 Ps setiap putaran ke 6.200 rpm. Sementara itu, mesin tersebut juga mampu mencapai torsi maksimum hingga 194 Ps pada putaran ke 4.000 rpm. Di sisi lain, kekuatan daya tenaga yang dihasilkan mesin tersebut akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi otomatis dengan 6 percepatan. Tak sampai di situ saja, Hyundai Sonata ini pun juga bakal memiliki bekal bahan bakar yang besar mengingat sedan besutan Hyundai ini bakal menyediakan ruang kapasitas bahan bakar hingga 70 liter sehingga pengguna tak perlu khawatir ketika akan melakukan perjalanan jauh mengingat bekal bahan bakarnya cukup banyak. Dengan demikian, sektor dapur pacu dari spesifikasi Hyundai Sonata ini patut dianggap memiliki performa yang gahar dan powerfull dan tentunya irit bahan bakar.

Fitur

Dilengkapi Air Bag dan Sistem Pengereman ABS

Dari segi fitur keamanan, tampaknya spesifikasi Hyundai sonata hadir dengan fitur yang tergolong sudah komplit. Hal ini terbukti dengan adanya fitur seperti lolosnya mobil ini pada badan teknologi structural serta adanya fitur immobilizer yang membuat pengendara tetap nyaman ketika meninggalkan Hyundai Sonata ini dengan fitur kunci anti maling atau sejenis alarm. Selain itu, untuk menunjang keselamatan maka Hyundai membekali sedan andalannya ini dengan Dual Airbags juga sudah terpasang pada tindak kecelakaan yakni melindungi pengendara dari benturan. Selain itu, untuk mengendalikan laju mobil sedan ini yang begitu cepat dan gesit, Hyundai Sonata pun akan dibekali dengan sistem pengereman ABS yang memiliki kemampuan pengereman yang begitu pakem tetapi tetap lembut. Walaupun sistem ABS sudah sering digunakan oleh mobil, mobil premium lainnya, namun penggunaan teknologi tersebut pada spesifikasi Hyundai Sonata semakin membuatnya nampak sangat premium di kelasnya.

Video Hyundai Sonata

Berikut ini adalah official video Hyundai Sonata yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Hyundai ini:

Spesifikasi Hyundai Sonata

Dimensi
p x l x t 4820 x 1835 x 1470 mm
Jarak Ke Tanah 135 mm
Jarak Poros Roda 2795 mm
Ukuran Roda 215/60 R17
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi-Link
Tangki BBM 70 L
Mesin
Sistem bahan Bakar MPFI (Injeksi Bahan Bakar)
Katup/Silinder 16/4
Tenaga Maksimal 176 hp
Torsi Maksimal 194 Nm
Transmisi AT
Volume Mesin 2359 cc
Eksterior
Headlamp Halogen
Velg Alloy
Interior
Kapasitas Kursi 5
Entertainment 7″ LCD Touchscreen Multiplayer
Keamanan dan Keselamatan
Sistem Rem F/R Ventilated Disc, ABS
Sensor Parkir Depan, Penumpang
Sensor Parkir Ya
PerangkaAnti Maling Ya

Harga Hyundai Sonata

Nah, akhirnya tibalah kita di puncak pembahasan di mana pada pembahasan terakhir ini, Mas Sena akan memberikan info mengenai harga Hyundai Sonata. Namun, sebelum jauh membahas terkait harga, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Hyundai Sonata ini akan hadir dengan mengusung gaya desain yang elegan di mana tampak pada tampilan eksterior dan pada sektor ruang kabinnya. Selain itu, mobil sedan andalan Hyundai ini pun juga diklaim bakal memiliki tenaga yang cukup powerfull berkat disematkannya mesin Theta II 2.4 MPI yang memiliki kapasitas 2.359 cc. Penggunaan mesin di atas 2000-an cc tersebut tentu memberikan pemahaman yang jelas pada kelas berapa harga Hyundai Sonata ini akan dibanderol nantinya. Pasalnya, dari mesin tersebut, Sonata ini mampu didorong dengan tenaga maksimal sebesar 178 Ps per 6.000 rpm dan maksimum torsi 23.3 kg-m setiap putaran 4.000 rpm. Tak hanya itu saja, Hyundai Sonata ini pun bakal dilengkapi juga dengan beragam fitur berteknologi canggih, seperti untuk menunjang keselamatan maka dilengkapi dengan Air Bag dan sistem pengereman ABS. Dengan mengetahui keunggulan dari spesifikasi mobil sedan andalan pabrikan asal Korea Selatan itu, kira-kira berapa ya harga Hyundai Sonata ini?

Harga Hyundai Sonata

Harga Hyundai Sonata Terbaru

Membahas harga, seperti yang sudah Mas Sena singgung sebelumnya bahwa harga Hyundai Sonata ini diperkirakan akan sangat tinggi. Selain itu, sebenarnya ada beberapa jenis atau varian yang diluncurkan pihak Hyundai namun di Indonesia hanya akan diluncurkan 1 varian saja, yaitu Hyundai Sonata GLS AT. Nah, terkait hal tersebut, mobil Hyundai Sonata ini akan dibanderol dengan harga Rp 490 juta. Melihat harga Hyundai Sonata tersebut, tentunya bagi kawan-kawan yang ingin membeli mobil sedan mewah ini harus merogoh kocek dalam-dalam mengingat harga Hyundai Sonata ini yang begitu tinggi.

Harga Hyundai Sonata

Rp. 490.000.000,- (OTR Jadetabek)
Daftar Harga Mobil Hyundai

Catatan : 

  • Harga mobil Hyundai Sonata diatas merupakan harga yang berlaku di Jadetabek
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Hyundai Sonata

Terlepas dari hal tersebut, perlu diketahui juga bahwa harga Hyundai Sonata tersebut merupakan harga On The Road (OTR) untuk wilayah Jakarta Selatan. Sehingga, untuk wilayah lain sangat dimungkinkan harganya akan lebih mahal meskipun selisihnya sedikit dari harga OTR tersebut. Di sisi lain, dengan mengetahui harga Hyundai Sonata tersebut, tentunya jika dibandingkan dengan spesifikasi dan desain yang diusungnya sudah cukup sesuai. Bahkan, sedan Hyundai Sonata ini pun sudah cocok jika disejajarkan dengan beberapa mobil sedan produksi pabrikan lain, seperti Honda Civic, Toyota Corrola, dan Toyota Altis. Selain itu, tak menutup kemungkinan jika beberapa mobil garapan pabrikan Jepang tersebut justru bisa tersingkir dan berpindah didominasi oleh Hyundai Sonata ini. Jika mengacu sedikit pada namanya, nampaknya mobil ini bakal menjadi nada yang indah bagi Hyundai di masa yang akan datang. Demikianlah pembahasan yang Mas Sena sajikan mengenai spesifikasi dan harga Hyundai Sonata. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan terimakasih. Baca juga Hyundai Santa Fe dan Hyundai i20.

Top