Bersaing dengan Adiknya Calya, Uang Muka Avanza Dipotong 2 Juta

Toyota Avanza Ditawarkan dengan Potongan Uang Muka – Munculnya Toyota Calya di pasar otomotif Tanah Air diperkirakan bakal menjadi hambatan bagi penjualan saudara tuanya, yaitu Avanza. Pasalnya, fakta sudah berbicara bahwa Toyota Calya dibanderol dengan harga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Toyota Avanza sehingga membuat pesanan untuk Calya semakin tinggi hingga mencapai 21.700 unit. Namun, justru harga Avanza yang hadir dengan model baru yang diperkenalkan di tahun 2015 lalu malah semakin tinggi dan membuat pesanannya semakin menurun. Tentu, hal tersebut merupakan suatu keadaan yang cukup ironis.

Toyota Avanza Ditawarkan Dengan Potongan Uang Muka

Jika didasarkan laporan yang dilansir dari Okezone, diketahui bahwa beberapa dealer Toyota yang berlokasi di Jakarta Selatan dengan para wiraniaganya sudah mulai mengandalkan trik jitu untuk meningkatkan penjualan Avanza, yaitu dengan cara pemotongan uang muka atau disebut juga dengan (down payment/DP). Dengan demikian, trik tersebut dirasa akan menarik calon konsumen untuk membeli Avanza.

Advertisement

Berkaitan dengan hal tersebut, dengan dipotongnya DP atau uang muka maka bagi para konsumen yang akan membeli Toyota avanza cukup membayar uang DP sebesar Rp 11 juta. Padahal, sebelumnya para pembeli harus membayar uang muka tersebut sebesar Rp 13 juta. “Dibanding bulan lalu, program DP Avanza turun hingga Rp2 juta,” ungkap salah seorang wiraniaga yang meminta namanya tidak disebutkan.

Pihak dealer yang ada di Jakarta tersebut memang mengakui bahwa rencana atau program ini sengaja dilakukan untuk menjaga penjualan Avanza yang saat ini justru mendapat dampak buruk setelah diluncurkannya produk terbaru Calya yang merupakan adiknya sendiri di awal bulan Agustus 2016 kemarin. Dengan begitu, keseimbangan penjualan pun diharapkan akan tercapai.

Terlepas dari hal tersebut, baik Toyota Calya atau Toyota Avanza, keduanya memiliki keunggulan yang tak jauh berbeda. Namun, kebanyak konsumen lebih memilih harga yang relatif terjangku dibandingkan dengan spesifikasi atau keunggulannya. Oleh sebab itu, wajar saja bila banyak calon pembeli yang justru beralih ke Calya ketimbang kakaknya, Avanza. Akan tetapi, hal yang jelas bahwa hingga saat ini Toyota masih menjadi salah satu pabrikan otomotif yang mendominasi pasar kendaraan roda empat di Indonesia yang masih bersaing ketat dengan Honda.

Top