Dua Merek Mobil Ini Juga Absen dari Paris Motor Show, Mengapa?

Mazda dan Bentley Kali Ini Absen Dari Paris Motor Show – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Paris Motor Show telah digelar sebagai salah satu pameran otomotif terbesar di dunia. Menjelang pameran yang akan digelar mulai tanggal 1-16 Oktober 2016 ini, rupanya ada banyak merek yang absen. Setelah sebelumnya Ford, Volvo, Roll-Royce, Lamborghini dan Aston Martin dilaporkan absen, kini kabar terbaru dilaporkan oleh Automotive News dan dirangkum dari KompasOtomotif, Jumat (23/09/2016) bahwa daftar merek yang absen dari pameran bertambah lagi yaitu Mazda dan Bentley.

mazda dan bentley kali ini absen dari paris motor show

Jika diperhatikan lebih jauh, absennya Mazda dari Paris Motor Show 2016 ini rupanya telah dicurigai sejak beberapa bulan lalu. Bulan Februari lalu saat CEO Mazda Eropa, Jeff Guyton mengatakan bahwa pihaknya belum pasti ikut serta. Dalam hal ini, Mazda mengatakan bahwa mereka merasa kesulitan mendapat perhatian karena acara tersebut didominasi oleh pabrikan kendaraan Perancis sebagai tuan rumah yaitu Renault dan PS Group. Untuk itu, Mazda merasa pesimis jika produknya nanti akan menarik perhatian di pameran.

Rupanya kecurigaan tersbeut benar, karena belum lama ini Mazda akhirnya memutuskan absen dari Paris Motor Show. Namun sebagai gantinya, anak perusahaan di Perancis akan berinvestasi pada kampanye ritel buat menjaring konsumen.

Salah satu sumber lalu mengatakan bahwa “Keputusan tidak berpartisipasi di acara Paris 2016 bukan mewakili perubahan strategi pameran otomotif global kami. Pameran otomotif global adalah platform bagus untuk mengomunikasikan merek Mazda dan produk baru ke publik internasional,” ujarnya.

Selain Mazda, Bentley juga menjadi merek yang memutuskan tidak ikut serta. Salah satu alasannya adalah, mengingat untuk menjadi peserta pameran international, tentu membutuhkan banyak biaya. Hal ini menjadi masalah bagi VW Group yang seperti kita ketahui perusahaan asal Jerman ini sekarang tengah terjerat masalah keuangan.

Selain itu, pihak Bentley sendiri menjelaskan, bahwa mereka ingin lebih fokus pada acara kecil yang langsung menjamu konsumen. Untuk itu, resmilah kedua merek tersebut yaitu Mazda dan Bentley benar-benar absen dari pameran menyusul merek lain yang telah sebelumnya disebutkan.

Top