Bridgestone Astra Indonesia Lahir!

Bridgestone-Astra Satukan Karet dan Suku Cadang – Persaingan antar pemain dalam dunia otomotif memang wajar adanya. Namun, adakalanya persaingan itu mandeg bahkan berubah menjadi kerja sama yang tak terpisahkan. Hal tersebut tentu semua bergantung pada kepentingan pasar yang lebih baik. Pasalnya, sebagai sebuah perusahaan tentu ‘usaha’ yang menguntungkan adalah hal yang lebih pasti untuk dikejar ketimbang persaingan yang melelahkan.

Bridgestone Astra Indonesia Lahir

Namun siapa sangka jika kerja sama tersebut dapat dilaksanakan oleh siapa saja. Kali ini, dilansir dari Kompas (24/9/2016), Bridgestone dikabarkan bekerja sama dengan Astra Indonesia untuk mendirikan kekuatan baru di tanah air. Kerja sama ini dilakukan oleh Bridgestone dengan anak perusahaan Astra Indonesia, Astra Otoparts yang kemudian membuat perusahaan baru yang bernama Bridgestone Astra Indonesia pada bulan Agustus lalu.

Advertisement

Lantas apa istimewanya perusahaan ini? Sebagaimana diketahui, Bridgestone sendiri adalah produsen karet otomotif yang biasa bermain pada lini ban dan berbagai macam komponen karet-karet lainnya yang ada pada sebuah kendaraan. Sedangkan Astra Otoparts sendiri memang bermain pada ranah suku cadang untuk menyasar segmen konsumen after market bahkan terhadap produk Astra sendiri.

Joinan dua kemampuan tersebut akan menghasilkan suku cadang yang berbau karet dengan pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat. Secara detail komponen yang dibuat tersebut utamanya merupakan produk karet anti-vibrasi. Produk tersebut merupakan pelengkap penting pada mesin dan suspensi yang tujuannya untuk meredam getaran baik dari mesin sendiri maupun dari kondisi jalan yang tak ramah. Sederhananya, komponen tersebut untuk meningkatkan kenyamanan utamanya pada mobil penumpang.

Menariknya, pabrik Bridgestone Astra Indonesia tersebut tak hanya ditujukan untuk memenuhi permintaan dalam negeri. Pasalnya, target luar negeri memang sudah diterapkan semenjak pabrik tersebut berdiri. Adanya pabrik tersebut memang menguatkan visi Bridgestone untuk menjadi pimpinan absolut dalam dunia perkaretan otomotif. Hal tersebut lantaran pabrik di Purwakarta sudah menyentuh nomor punggung ke enam dalam rantai panjang pabrik yang dikelola oleh Bridgestone di seluruh dunia. Bagi Astra sendiri, adanya pabrik ini akan meningkatkan kapabilitasnya dalam menyediakan komponen suku cadang untuk target pasar yang lebih luas.

Top