Proton Malaysia Bakal Diambil Alih Peugot-Citroen?

Proton Dikabarkan Jual Sahamnya Kepada Produsen mobil Asal Perancis – Kita tentu tidak asing lagi dengan perusahaan otomotif lokal Malaysia yang bernama Proton. Proton Malaysia ini memang sering menjalin kerja sama dengan  perusahaan mobil dari Indonesia. Jika diingat, sebelumnya, Proton juga telah mengimpor Suzuki Ertiga terbaru dari Tanah Air dan dijual dengan nama Proton di Malaysia.

proton dikabarkan jual sahamnya kepada produsen mobil asal perancis

Namun, sebelumnya sempat terdengar bahwa Proton mengajukan proposal kerja sama dengan produsen mobil asal Perncis. Menyusul kabar tersbut, rupanya produsen mobil asal Prancis yang memproduksi kendaraan merek Peugeot dan Citroen, PSA, juga dilaporkan telah merespons proposal kerja sama yang diajukan Proton.

Berdasarkan informasi Reuters yang dilansir dari Okezone, Sabtu (24/09/2016) melaporkan bahwa DRB-Hicom selaku pemilik Proton telah menawarkan penjualan sahamnya untuk kelanjutan nasib perusahaan mobil nasional Malaysia itu. Memang  belakangan ini Proton dikabarkan tengah menghadapi masalah keuangan, hal ini disebabkan oleh anjloknya penjualan produk. Selain itu, saat ini kondisi politik di Malaysia juga turut menjadi faktor penyebab goyahnya perusahaan tersebut.

Dalam kesempatannya, seperti yang dijutip dari sumber yang sama seorang juru bicara PSA di Paris mengatakan “Peugeot mengonfirmasi sudah merespons proposal yang diajukan Proton dan DRB-Hicom,” uajarnya.

separator

Namun memang, pihaknya tidak mengungkap secara rinci seperti apa bentuk dari respons tersebut, termasuk isi dari proposal yang diajukan oleh Proton juga tidak diungkapkan secara menyeluruh.

Kendati demikian, sebuah bocoran yang berasal dari seorang sumber di Malaysia, menyatakan bahwa Proton sudah mengirim proposal ke hampir 20 produsen automotif global sejak awal 2016. Itu artinya, Proton memang telah mengalami kesulitan cukup lama mengingat proses pengajuan proposalnya sudah hampir 9 bulan yang lalu.

Terkait hal ini, Proton juga menawarkan untuk menjual sebagian besar sahamnya, termasuk menjual merek mobil sport asal Inggris, Lotus, yang berada di bawah naungannya.

Bahkan kabar yang lebih mengejutkan adalah, selain PSA, dua produsen automotif besar lain yakni Renault SA dan Suzuki Motor dilaporkan juga merespons proposal Proton. Namun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari Proton, DRB-Hicom, Renault, maupun Suzuki.

Top