Ambisi Honda Kalahkan Sienta dengan Freed Terbaru

All New Freed Diluncurkan dengan Perubahan Besar-besaran Untuk Kalahkan Sienta – Jika mengingat mobil pintu geser buatan Honda yakni Freed, awalnya mobil ini adalah satu-satunya mobil dari segmen MPV yang mengusung model pintu geser. Tak dipungkiri, sebagai satu-satunya model tentu Freed laku keras dan banyak diminati. Namun, rupanya kejayaan itu menurun sejak kehadiran Toyota Sienta yang mengusung konsep pintu yang sama.

all new freed diluncurkan dengan perubahan besar besaran untuk kalahkan sienta

Namun, Honda tak putus asa. Tetap ada strategi untuk kembali mendapatkan pangsa pasar yang besar untuk segmen tersebut. Kini, kabar terbaru melaporkan bahwa Honda Motor telah meluncurkan all new Freed di Jepang pada pertengahan September 2016.

Seperti diketahui, semenjak meluncur delapan tahun yang lalu, Hnda Freed memang mendapat penyegaran hanya saja memang tak banyak berubah. Namun, dari informasi yang dirangkum melalui Okezone, Senin (24/09/2016) dikatakan bahwa baru kali ini Honda melakukan perubahan secara besar-besaran terhadap Freed. Apa saja sih pembaruannya?

Dari laporan tersbut, dikatakan bahwa totalnya ada 16 varian Freed berbeda yang dipasarkan dengan harga mulai dari 1.880.000 yen atau Rp241 juta sampai 2.748.200 yen atau sekira Rp353 juta. Honda sendiri menargetkan penjualan 6 ribu unit sebulan di Jepang. Selain itu, Honda telah membuka pemesan mulai Agustus 2016 lalu.

Dari berbagai pembaruan dan ditawarkannya berbagai varian, terlihat bahwa permintaan Freed melebihi target yang ditetapkan. Hal ini seperti  dilaporkan ResponseJP, saat ini total permintaan Freed mencapai 7 ribu unit.

Dalam kesempatannya, Chief Honda Sales and Promotion Brand, Naoyuki Nishibe, mengatakan, “Ada banyak konsumen yang pindah dari model lain seperti minivan besar, fit, dan keicar. Freed memiliki reputasi yang baik dalam hal kemudahan dan mempunyai pintu geser.” Ujarnya pada saat peluncuran pertama kali Freed delapan tahun yang lalu.

Dengan permintaan Freed yang sekarang sudah mencapai 7 ribu unit persaingan antara Freed dan Sienta tentu saja akan semakin menarik.

Untuk permesinan, Honda menawarkan dua pilihan sumber tenaga yaitu bensin dan hybrid. Untuk bensin memiliki kapasitas 1,5 liter direct injection DOHC i-VTEC yang dikawinkan dengan sistem transmisi CVT. Sedangkan Freed hybrid dilengkapi mesin 1,5 liter Atkinson cycle DOHC i-VTEC yang dikombinasikan dengan Sport Hybrid i-DCD (intelligent Dual-Clutch Drive).

Top