Ini Dia Truk Listrik Dari Mercedes

Bosan Main Listrik Roda 4, Mercedes Buat Truk Listrik – Perkembangan kendaraan listrik nampaknya memang jadi solusi yang amat memukau di masa depan. Pasalnya, secara energi, listrik di kenal sebagai energi yang hampir minim polusi. Selain itu, energi listrik termasuk dalam sumber daya energi yang dapat terbarukan. Sehingga jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil, listrik sebagai sumber energi dinilai lebih fleksibel di masa depan.

Ini Dia Truk Listrik Dari Mercedes

Berlandaskan akan pemikiran tersebut, beberapa pabrikan otomotif dunia mulai menjajal grapannya dengan basis listrik. Bahkan, beberapa merek-merek baru berani tampil dengan konsep mobil listrik sepenuhnya. Hal ini tentu menjadi bukti tersendiri bagi kendaraan listrik untuk dapat eksis dalam beberapa dekade mendatang untuk menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil.

Menariknya, sedikit beda cerita jika yang menggarap kendaraan listrik merupakan pabrikan besar. Pasalnya, pengalaman pabrikan besar dalam mengarungi pasar kejam otomotif tentu mengambil peran penting untuk menciptakan hal yang di luar bayangan. Hal ini seperti diamini oleh Mercedes Benz dengan membuat truk berbasis listrik sebagai sumber energinya.

Dilansir dari Kompas (26/9/2016), pembuatan truk listrik tersebut dilatarbelakangi adanya kebutuhan akan truk di kawasan urban. Padahal sebagaimana diketahui, kawasan urban merupakan kawasan yang sejatinya sangat anti terhadap polusi udara bahkan polusi suara. Hal ini tentu sangat bertentangan dengan konsep truk yang selama ini dikenal berisik dan berasap hitam pekat. Itulah sebab mengapa Mercedes-Benz Urban eTruck ini akhirnya dilahirkan pada ajang IAA International Commercial Vehicle Show di Hannover, Jerman, akhir September 2016 ini.

separator

Mengintip jeroannya sedikit, sebagai truk sektor permesinan harus syarat dengan kekuatan yang besar. Untuk itulah Mercedes meracik truk ini dengan tiga mesin sekaligus. Tentu, mesin yang dimaksud sepenuhnya merupakan motor listrik. Alhasil, kekuatan 399 tk dengan torsi 1.000 nm berhasil dikantongi truk listrik tersebut. Sebagai sumber energi, motor listrik truk ini didukung oleh tiga modul baterai lithium-ion bekapasitas total 212 kwh. Jika kondisinya tepat, maka truk ini mampu melesat hingga 200 km. Bahkan fitur fast charging juga disematkan dalam truk ini untuk menghemat waktu charging-nya.

Top