Mobil Listrik Bertenaga Surya Sanggup Melaju 184 Km Ditawarkan Seharga 170 Jutaan

Mobil dengan Tenaga Surya Bernama Sion Bakal Dijual Kurang Dari Rp200 Jutaan – Kabar terbaru hadir dari perusahaan automotif asal Jerman, bernama Sono Motors. Produsen tersebut dikabarkan telah mengembangkan mobil listrik yang sumber dayanya diperoleh dari cahaya matahari. Rasanya cukup menarik, seperti apa ya wujudnya?

mobil dengan tenaga surya bernama sion bakal dijual kurang dari rp200 jutaan

Untuk eksteriornya tentu bodi dari mobil tenaga surya ini bisa dibayangkan, bahwa mobil ini dirancang untuk menyerap tenaga surya yaitu sebagian besar bodi kendaraan ditutupi dengan jubah berbahan panel surya. Untuk itu, bodinya memang membawa warna yang dominan hitam.

Saat ini mobil yang diberi nama Sion tersebut masih dalam bentuk prototipe. Dari infromasi yang beredar, menurut laporan yang dirangkum dari Okezone, Selasa (27/09/2016) dikatakan bahwa mobil prototipe tersebut dibuat dari hasil pengumpulan dana yang mencapai sebesar USD200 ribu atau sekira Rp2,6 miliar.

Selain itu, diklaim bahwa dalam kondisi baterai penuh, Sion akan sanggup menjelajah hingga sejauh 184 kilometer. Dari konsepnya yang mengandalkan tenaga surya, tentu saja baterai tersebut akan bisa  melakukan isi ulang secara otomatis dari sumber energi listrik yang dipasok dari panel surya di seluruh bodi kendaraan.

Kendati demikian, sumber daya listrik juga bisa diperoleh dari sumber konvensional yakni dengan melakukan isi ulang menggunakan charger yang telah terseidia di rumah. Keuntungannya adalah, apabila mobil kehabisa baterai di jalan, Anda bisa memanfaatkan tenaga surya untuk membuat mobil bisa tetap melaju. Ada hal yang membuat Sion lebih unik lagi yaitu dilengkapi dengan sistem ventilasi yang terbuat dari lumut. Lumut?

Ya, untuk konsep ini, lumut diambil dari Islandia dan berdasarkan penelitian dapat membuat udara di kabin kendaraan menjadi tetap bersih. Pasalnya, lumut tersebut mampu menangkal partikel debu yang masuk sekaligus sebagai filter udara. Untuk itu, selain mobil ini ramah lingkungan, bagi penumpang di dalam kabin, penumpang juga tetap bisa menikmati udara segar dan bersih.

Widya Wahana V, Mobil Listrik Tenaga Surya Buatan Mahasiswa  ITS

Toyota Prius Hybrid Diklaim Bisa Hemat Bensin Sampai 10%

Sion akan ditawarkan dalam dua varian yaitu Urban yang didesain memiliki daya jelajah 120 km dan Extender yang mampu menempuh 184 km dalam kondisi baterai penuh. Sion Urban diperkirakan akan dijual USD13 ribu atau sekira Rp170 juta sedangkan Sion Extender bakal dibanderol USD18 ribu atau sekira Rp235 juta.

Top