Dan Terjadi Lagi, Keamanan Datsun Semakin Dipertanyakan

Hasil Penilaian Fitur Keselamatan Datsun GO 1.2 Mid Porduksi India Dapat Skor Nol – Seperti kita ketahui bahwa Datsun yang merupakan merek reinkarnasi dari Nissan ini telah lahir kembali sejak tiga tahun yang lalu. Rupanya kelahirannya kembali seuasai mati suri ini tidak berjalan dengan mulus. Kali ini, dikabarkan dari Afrika Selatan yang merupakan salah satu pasar bagi merek mobil tersebut memberi catatan minus terhadap sistem keselamatan mobil tersebut.

hasil penilaian fitur keselamatan datsun go 1,2 mid porduksi india dapat skor nol

Berdasarkan infromasi Carmag.co.za yang dirangkum dari KompasOtomotif, Selasa (27/09/2016) tertulis bahwa asosiasi otomotif setempat, Automobile Association dikatakan telah merilis laporan yang mengusung judul “Entry Level Vehicle Safety Report”. Dalam laporan tersebut, isinya tak lain adalah menjelaskan terkait penilaian pada 23 model mobil yang dijual di pasar Afrika Selatan. Dalam hal ini, dikhususkan pada mobil dengan kisaran harga di bawah 150.000 rand atau Rp150 juta.

Penilain yang dilakukan tersebut secara detail adalah mencakup beberapa hal dalam sistem keselamatan yang masing-masing memiliki batas poin nilai, yaitu anti-lock braking system (ABS) – 30 poin, electronic stability control – 30 poin, kantong udara pengemudi – 10 poin, kantong udara penumpang depan – 10 poin, kantong udara samping – 10 poin, kantong udara curtain 20 poin, rating uji tabrak NCAP – 25 poin. Untuk totalnya, poin tertinggi yang bisa dicapai oleh satu model adalah 135 poin.

Selain itu, untuk tingkatan atau indeksnya sendiri dikategorikan berdasar harga jual di pasaran. Dalam hal ini, Automobile Association membuat indeks “Safety per R10k”, dari 0 hingga 9.

separator

Nah, dari indeks tersebut juga telah dikualifikasikan bahwa mobil-mobil yang berada di bawah indeks 3 diklasifikasikan sebagai poor, di antara 3.00 – 3.99 diberi label moderate, dan di atas 3.99 dianggap acceptable.

Satu hal yang mengejutkan rupanya Datsun GO 1.2 mid buatan India mendapat angka indeks 0. Itu artinya berada pada kelompok poor alias yang terendah. Varian lain Datsun GO yang dilengkapi kantong udara pengemudi mendapat 10 poin, tetapi tetap saja berada di kategori poor. Mengapa sampai demikian? Padahal fitur keselamatan adalah bagian yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Lalu, bagaimana nasib citra Datsun ke depannya di Afrike Selatan?

Top