Ini Dia Hasil Uji Tabrak Kia Picanto!

Lembaga Uji Tabrak Mobil Baru di Australia Rilis Hasil Pengujian Kia Picanto – Seperti pada umunya, untuk sebuah mobil baru tentu saja harus melewati serangkaian pengujian sebelum dipasarakan. Nah, salah satu pengujian yang sangat penting adalah pengujian terhadap fitur-fitur keselamatan dan ketahanan mobil. Hal ini untuk memastikan bahwa seluruh fitur keselamatan akan berfungsi dengan baik.

lembaga uji tabrak mobil baru di australia rilis hasil pengujian kia picanto

Kabar terbaru darir dari lembaga uji tabrak mobil baru di Australia yang bernama Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) yang baru saja telah merilis hasil uji tabrak terhadap mobil Kia Picanto yang dijual di negara tersebut.

Rupanya, setelah menjalani uji tabrak, terbukti bahwa Mobil perkotaan ini berhasil meraih predikat lima bintang untuk tingkat keselamatan terbaik.

Seperti diketahui bahwa Kia Picanto yang dihadirkan untuk pasar Australia, telah dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan standar, mulai enam airbag, ESC, ABS, hingga traction control. Fitur-fitur tersebut sama seperti yang disematkan terhadap Picanto yang dipasarkan di Malaysia.

Namun, rupanya saat diuji tabrak oleh ASEAN NCAP, Picanto seperti laporan yang dilansir dari Okezone, Rabu (28/09/2016) hanya meraih skor empat bintang. Dalam hal ini, ANCAP juga mengungkap bahwa poin yang diraih Picanto yaitu sebesar 12,95 dari maksimal 16. Sementara versi ASEAN NCAP skornya 12,67.

Advertisement

Dalam kesempatannya, James Goodwin selaku chief executive officer ANCAP, seperti dikutip dari Paultan, Rabu (28/09/2016) mengatakan “Pemicu untuk tes pemeriksaan ini adalah variasi dalam kinerja struktural terlihat pada mobil Picanto yang dijual di Indonesia. Kami ingin mengonfirmasi keabsahan untuk keselamatan konsumen Australia dan Selandia Baru yang mengandalkan informasi ANCAP saat membeli mobil baru,” ujarnya.

Pihaknya lalu melanjutkan, “Skor yang diperoleh dalam tes pemeriksaan masih dalam kisaran lima bintang, akan tetapi penting bagi konsumen untuk sadar akan temuan ini, sehingga mereka dapat membuat keputusan sebelum membeli mobil baru yang diinginkan,” tambahnya.

Kendati demikian, meskipun sebuah mobil telah meraih skor lima bintang pada uji cobanya bukan jaminan bahwa penumpang di kabin tidak cedera saat terjadi kecelakaan. Resiko cidera menurut ANCAP bisa saja terjadi pada bagian kaki penumpang.

Top