Mesin 4 Silinder Audi Tak Diproduksi Lagi, Kenapa?

Mesin 4 Silinder Pesaing Mercy AMG 2,0 Liter Diberhentikan – Akhirnya, pabrikan otomotif terkemuka, Audi menyatakan untuk tak lagi memproduksi mesin yang pihaknya klaim sebagai pesaing mesin Mercy AMG. Mesin yang merupakan hasil dari pengembangan 4 silinder pada tahun 2014 lalu ini akhirnya diputuskan untuk tak diproduksi kembali.

Mesin 4 Silinder Pesaing Mercy Amg 2,0 Liter Diberhentikan

Pemberhentian produksi mesin tersebut bukannya tanpa ada alasan yang kuat. Namun, mesin yang berkode EA888 yang diciptakan oleh Freidirich Eichler tersebut diklaim masih belum memiliki karakter yang kuat jika dibandingkan dengan mesin 5 silinder yang saat ini pun juga sedang dalam tahap pengembangan pihak Audi.

Advertisement

Dikutip dari Paultan pada Rabu (28/9/2016) kemarin, diketahui bahwa Stephan Reil selaku Divisi Teknik Quattro GmbH menyatakan bahwa proses pengembangan mesin 5 silinder ini bakal memiliki karakter yang lebih kuat dan diprediksi akan banyak menyukainya, terutama suara yang akan dihasilkannya. Bahkan, proses pengembangannya pun juga dianggap tak terlalu mahal jika dibandingkan dengn mesin 4 silinder.

Terkait hal tersebut, pengembangan mesin 5 silinder yang saat ini tengah digarap Audi memang diakuinya sebagai kebijakan untuk menyaingi mesin Mercedes Benz AMG yang sudah mengandalkan mesin kapasitas kecil namun bertenaga besar. Bahkan, pihak Audi sendiri menilai bahwa mesin 4 silinder garapannya ini akan memiliki kemampuan daya dorong tenaga 420 Hp.

Di sisi lain, sebagai tambahan informasi saja bahwa diketahui Eichler sebagai pencipta mesin empat silinder sejak 2014 telah melihat perkembangan mesin kecil bertenaga yang digunakan Mercy AMG untuk model A45, CLA45 dan GLA45. Bahkan, menurut rencana, apabila mesin 4 silinder mendapatkan lampu hijau maka pihak Audi sendiri akan menggunakan mesin kecil tersebut untuk jajaran produk yang diproduksi menggunakan platform MQB.

Perlu diektahui bahwa sebenarnya Platform Volkswagen Group MQB adalah strategi perusahaan untuk berbagi konstruksi modular melintang, mesin depan, dan untuk mobil penggerak roda depan.

Top