Airbag Lagi! Sopir Mobil Honda City Tewas

Airbag Takata Lagi-lagi Makan Korban Hingga Tewas – Masalah komponen keselamatan mobil airbag produksi Takata yang menyebabkan direcallnya ribuan unit mobil dari berbagai produsen rupanya hingga saat ini belum terselesaikan. Pasalnya, telah masuk satu lagi laporan korban yang tewas akibat masalah tersebut.

airbag takata lagi lagi makan korban hingga tewas

Baru saja dikabarkan bahwa Honda Motor mengonfirmasi kecelakaan yang terjadi melibatkan Honda City pada tanggal 24 September 2016 lalu di Negera Bagian Johor, Malaysia. Korban yang mengalami kecelakaan tersebut dikatakan tewas. Penyebabnya masih sama yaitu akibat permasalahan pada airbag produksi Takata. Airbag mengembang secara berlebihan saat mobil mengalami kecelakaan disertai dengan lontaran benda logam.

Dari laporan yang diterbitkan Reuters dan dirangkum dari Okezone, Kamis (29/09/2016) dikatakan bahwa kepala pengemudi terkena pecahan benda logam tersebut hingga tewas.

Terkait hal ini, Honda Malaysia kemudian memastikan, bahwa sejak Juni 2015 lalu pihaknya telah mengumumkan recall dan City tahun 2009 yang terlibat kecelakaan itu merupakan salah satu unit yang seharusnya di-recall untuk penggantian komponen inflator airbag. Namun, kemungkinan besar pemilik kendaraan tidak segera merecall kendaraan tersebut sehingga saat ini barulah dampak tersebut terlihat.

Sejauh ini pihak kepolisian Malaysia masih terus menyelidiki kasus ini. Meski demikian, polisi belum bisa memastikan penyebab kematian korban yang tidak disebutkan identitasnya itu. Airbag pada bagian pengemudi memang mengembang namun airbag penumpang depan tidak mengembang. Kasus ini menambah daftar korban tewas akibat cacat pada produk airbag Takata di Malaysia.

Jika dihitung, di negara tersebut untuk tahun ini telah dilaporkan empat korban tewas akibat masalah yang sama. Sementara itu total korban tewas akibat permasalahan yang sama secara global telah mencapai 14 orang dan ratusan lainnya luka-luka.

Korban tewas tersebut berasal dari Amerika Serikat dan Malaysia. Karena telah dilaporkan adanya banyak korban, akhirnya banyak produsen automotif yang terpaksa me-recall puluhan juta unit kendaraan  mereka di seluruh dunia yang telah sekian tahun dipasarkan. Sebagai infromasi, pada awal Juni 2016 lalu, Honda Malaysia telah mengumumkan penarikan terhadap 146.894 kendaraan yang diproduksi antara 2003 dan 2011 untuk penggantian inflator airbag.

Top