Astra Otoparts Buat Pabrik Baru Lagi

Astra Otoparts Agresif Produksi Komponen – Di tengah semarak persaingan kendaraan-kendaraan canggih dan keren, nyatanya menyembunyikan banyak hal-hal menarik yang jarang dilirik secara langsung. Hal ini memang wajar lantaran pasar konsumen pada umumnya lebih memikirkan kendaraan langsung dalam bentuk jadinya daripada harus pusing memahami satu persatu komponen yang dirakit di dalamnya.

Astra Otoparts Buat Pabrik Baru Lagi

Padahal, komponen-komponen yang menyusun setiap kendaraan punya sensasi tersendiri untuk diperbincangkan. Pasalnya, komponen-komponen tersebut memang bagian yang tak terpisahkan dari kendaraan bermotor. Alhasil, bisnis komponen kendaraan ini memang terbilang menjanjikan apalagi untuk daerah-daerah dengan populasi industri kendaraan bermotor yang tinggi.

Salah satu pemain terkenal dalam penyediaan komponen kendaraan bermotor adalah Astra Otoparts. Anak perusahaan Astra ini beberapa waktu yang lalu dilaporkan telah membangun pabrik baru kerja sama dengan bridgestone. Kerja sama ini untuk membuat komponen berbasis karet untuk meredam getaran serta fungsi-fungsi lainnya sebagai penyempurna kendaraan bermotor.

Menariknya, nampaknya Astra Otoparts sedang kebanyakan uang. Pasalnya, diberitakan dari Kompas (30/9/2016), Astra Otoparts melalui anak perusahaannya, PT Aisin Indonesia, malah membuat pabrik baru lagi hasil kerja sama dengan Aisin Seiki Jepang. Pabrik tersebut dibangun di daerah Karawang di lahan seluas 12 Hektar.

Masih dilansir dari sumber yang sama, dalam pendirian pabrik tersebut kedua perusahaan ini patungan untuk menginvestasikan dana sebesar 1.1 triliun Rupiah. Hasil investasi tersebut terbilang tak sia-sia lantaran kapasitas produksinya mencapai 6 juta unit pertahun. Tercatat setidaknya beberapa komponen meliputi center pilar garnish, door handle, power seat motor, power siliding door untuk body parts dan cam housing, engine front module, oil pan, oil pump, dan water pump untukengine parts akan menjadi bagian bisnis pabrik baru tersebut.

Selain itu, Astra Otoparts melalui PT Aisin Indonesia juga bekerja sama dengan Advics Indonesia juga menggelontorkan dana sebesar Rp 360 miliar untuk membuat pabrik yang fokus pada komponen brake system. Kabarnya, produksi dari pabrik ini akan dilego kepada perusahaan-perusahaan besar otomotif tanah air termasuk Suzuki dan Nissan.

Top