Uji Tabrak Mobilio Produksi India Mengecewakan, Ini Kata Honda Indonesia!

Hasil Uji Tabrak Mobilio India di NCAP Mengecewakan – Setelah sebelumnya Datsun produksi India yang dikabarkan mengecewakan saat menjalani uji tabrak di Afrika, kini kabar terbaru juga hadir dari Honda Mobilio produksi India yang juga dikatakan mengecewakan saat dilakukan uji tabrak oleh Global New Car Assessment Program (NCAP).

hasil uji tabrak mobilio india di ncap mengecewakan

Kabarnya, mobil low multi purpose vehicle (LMPV) Honda Mobilio yang diproduksi di India ini mendapatkan nol bintang untuk perlindungan penumpang dewasa dan satu bintang untuk perlindungan anak. Informasi tersebut seperti yang dirangkum dari Okezone, Jumat (30/09/2016).

Namun selaku marketing and aftersales service director  PT Honda Prospect Motor (HPM) agen pemegang merek (APM) mobil Honda di Indonesia, Jonfis Fandy mengatakan, bahwa Mobilio yang diuji oleh Global NCAP di Inggris berbeda dengan yang diproduksi untuk pasar ASEAN.

“Mobilio India berbeda dengan Mobilio ASEAN. Secara struktur sama, secara perlengkapan berbeda,” ujar Jonfis.

separator

Ia juga menilai bahwa Mobilio yang diuji coba tersebut tidak dilengkapi dengan airbag sehingga sangat wajar jika tak mendapat bintang sama sekali dalam pengujian bertaraf internasional itu.

“Mobilio dites tidak pakai airbag dapat nol bintang, itu wajar. Karena begini, kalau mobil mau dapat lima bintang airbag-nya harus ada empat atau enam, itu ada kriterianya. Jadi kalau tes yang enggak ada airbag-nya, hasilnya nol. Tapi kalau shell dan rangka bagus, dia bisa stabil. Dalam artian, mobil ini bisa lolos untuk dijual juga. Jadi sistem G-Con Honda Mobilio bekerja. Kemudian, Mobilio yang ada dua airbag dites dapat tiga bintang,” tambahnya seperti yang dikutip dari sumber yang sama.

Sementara itu, untuk semua varian Mobilio yang dijual di Tanah Air sudah dilengkapi dengan airbag, hal ini tentu saja berbeda dengan Mobilio untuk pasar India. Kabarnya, Mobilio di India yang belum dilengkapi airbag sebagai fitur keselamatan standarnya adalah untuk varian terendah.

Sebagai infromasi di Indonesia sendiri, Honda Mobilio bersaing pada segmen low MPV dengan para kompetitornya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina, dyang tentu saja semuanya telah dilengkapi dengan airbag sebagai perangkat standar.

Top